Skip to main content

Daftar Kosmetik Berbahaya Berdasarkan Data BPOM

Hallo everyone,
Kami mengingatkan bahwa saat ini telah banyak beredar cream / krim wajah berbahaya di pasaran. Krim wajah tersebut tidak jelas nomor BPOM-nya/tidak lolos uji lab besertifikat, didapatkan dari produsen yang tidak jelas, harga murah, dan terlebih lagi mengandung bahan berbahaya, seperti Mercury, Hydroquinon, Asam Retinoat, dan Rhodamin (zat pewarna). Biasanya krim wajah yang dijual bebas tersebut mengiming-imingi pembeli dengan khasiat memutihkan/wajah mulus, mengatasi semua masalah kulit wajah, kinclong, bersih, dan putih dalam waktu singkat. Para konsumen yang telah terlanjur menggunakan krim-krim berbahaya ini memang memiliki wajah putih (putih pucat umumnya), jerawat hilang, flek memudar, hanya dalam waktu 3 hari sampai kurang dari satu/dua minggu.
Namun jika kita berpikir logis, apa iya dengan bahan yang aman akan membuat wajah bersih sesingkat itu tanpa proses? Apalagi dalam satu produk dapat mengatasi semua masalah wajah seperti mencerahkan, menghilangkan jerawat, flek, melasma, keriput dll. Satu produk biasanya hanya mengatasi satu atau beberapa masalah wajah karena kita tahu bahwa misalnya jerawat dan flek adalah masalah yang berbeda sehingga pengobatannya pun pasti berbeda.
Inilah bukti bahwa krim wajah yang bebas beredar saat ini dan tidak jelas produsennya menggunakan BAHAN BERBAHAYA! Paling sering adalah Mercury dan Hydroquinon. Keduanya memang mempercepat proses pemutihan wajah, penghilangan jerawat, dan flek. Proses tidak lebih dari seminggu. Kenapa? Karena epidermis kulit sudah terkikis dan rusak sehingga wajah menjadi mulus seketika. Tetapi sebenarnya bahan-bahan kimia berbahaya tersebut menumpuk di lapisan dalam dan memiliki efek bahaya jangka panjang.
Jika pemakaian krim wajah yang mengandung bahan berbahaya diteruskan dapat menyebabkan efek samping pada wajah (umumnya di bulan ketiga) seperti breakout yang tiba-tiba pada wajah, jerawat kecil-kecil hingga besar bermunculan, kulit wajah berubah warna kehitaman dan kusam, kulit wajah memerah/iritasi, serta gatal-gatal. Selain itu, bahaya mercury dan hydroquinon juga memicu rambut rontok terus-menerus, gangguan tidur dan penglihatan, dan pada jangka panjang akan menimbulkan penyakit lain yaitu kanker. Oleh karena itu, dengan tulisan ini kami juga mempublish daftar kosmetik berbahaya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber media.
Disadur dari vemale.com berikut daftar kosmetik berbahaya BPOM 27 Des 2012:
1. DR whitening night cream -> BAHAYA
2. LIE CHE (Day Cream dan Whitening Soap) -> BAHAYA
3. LIEN HUA BUNGA TERATAI (Night dan Day Cream) -> BAHAYA
4. WALET (Day dan Night Cream) -> BAHAYA
5. SP SPESIAL UV WHITENING -> BAHAYA
6. SPESIAL PEARL CREAM SUPER -> BAHAYA
7. PEMUTIH SEJUTA BINTANG -> BAHAYA
8. SJ SIN JUNG (Night Cream dan Day UV White) -> BAHAYA
9. VITAMIN PEMUTIH KECANTIKAN -> BAHAYA
10. KLIP 80″S (Night dan Day Cream) -> BAHAYA
11. VAYALA (Nightly Cream, Daily Cream, Sabun Transparan) -> BAHAYA
Disadur dari vemale.com berikut daftar kosmetik berbahaya BPOM 13 Mei 2013:
1. TABITA (Dayly Cream, Nightly Cream, Smooth Lotion Skin Care) -> BAHAYA
2. GREEN ALVINA (Herbal Clinic Walet Night Mild Cream, Night Cream Acne) -> BAHAYA
3. CHRYSANT 24 SKIN CARE (Pemutih Ketiak, Cream Malam Jasmine, AHA Toner) -> BAHAYA
4. HAYFA (Acne Cream Natural Sunblock, Acne Cream Pagi-Sore) -> BAHAYA
5. CREAM dr NUR HIDAYAT SpKK (Acne Lotion, Cream Malam Prima, Acne Cream) -> BAHAYA
6. CANTIK (Vit E Night Cream dan Day Cream) -> BAHAYA
Tambahan dari referensi lain dan hasil penelusuran berbagai media:
1. SEGALA JENIS CREAM BERBAHAN DASAR WALET (lampung.tribunnews.com) -> BAHAYA
2. DEOONARD Day Cream dan Night Cream (lampung.tribunnews.com) -> BAHAYA
3. A-DHA BEAUTY CARE -> BAHAYA
4. NATURAL 99/CREAM SUPER -> BAHAYA
5. KRIM/CREAM SYAHRINI -> BAHAYA
6. LING ZHI CREAM -> BAHAYA
7. HERBAL ALGAE -> BAHAYA
8. SERUM DAN CREAM MAGIC KOREA -> BAHAYA
9. ESTHER BLEACHING CREAM -> BAHAYA
10. QL DAY CREAM -> BAHAYA
11. TEMULAWAK NUTRITION CREAM -> BAHAYA
12. KRIM BANDUNG -> BAHAYA
13. KRIM DN -> BAHAYA
14. BIOSOFT CREAM -> BAHAYA
15. RD CREAM ATAU RACIKAN DOKTER ATAU DOKTER -> BAHAYA
16. QWEENA SKIN CARE (Day Cream, Night Cream, Anti Iritasi, Sabun, Toner, Serum) -> BAHAYA
NEW UPDATE (22 MARET 2014):
Baru saja kami menemui KITTY Cream yang beredar di beberapa online shop. Krim wajah ini terdiri dari paket sabun berbentuk kepala hello kitty, cream pagi, cream malam, CC Cream, dan tas cantik hello kitty bertuliskan KITTY CREAM. Cream wajah ini perlu dicurigai dan diwaspadai ya akan kandungannya yang berbahaya. Hal ini karena paket krim tersebut tidak jelas asal-usulnya, harga terbilang murah untuk paket yang terdiri dari lima item, dan tidak ada nomor bpom atau sertifikat lulus uji lab. Jadi, ayo lebih waspada dan lebih cerdas sebagai konsumen maupun distributor.
TERBARU!! Daftar Kosmetik Berbahaya Versi BPOM 2014: (sumber: http://www.sayangi.com dan http://www.tempo.co)
1. KISS Beauty Lipstik -> BAHAYA
2. MISS BEAUTY Lipstik -> BAHAYA
3. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Night Cream -> BAHAYA
4. HAN’S SKIN CARE Flawless Night Cream -> BAHAYA
5. PLATINUM Cream Malam -> BAHAYA
6. MEILI Freckle Cream -> BAHAYA
7. COSMEDIC Cream 4 Pagi Sore -> BAHAYA
8. SARI (STAR ABADI RATU BOGOR) Daily & Night Cream for Oily Skin -> BAHAYA
9. SARI Sabun Muka Lime -> BAHAYA
10. SARI Daily & Night Cream for Normal Skin -> BAHAYA
11. SARI Sabun Muka Papaya + Honey -> BAHAYA
12. CHANLEEVI No 04 -> BAHAYA
13. HAN’S SKIN CARE TRIAL Treatment Toner -> BAHAYA
14. HAN’S SKIN CARE Treatment Toner -> BAHAYA
15. STEFANI Crem Malam -> BAHAYA
16. Citra Jelita Night Cream -> BAHAYA
17. SULAMIT Miraculous White Day Cream Passion Series -> BAHAYA
18. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Day Cream -> BAHAYA
19. HAN’S SKIN CARE Flawless Day Cream -> BAHAYA
20. QB White Night Cream -> BAHAYA
21. COSMEDIC Formula Baru Cream No 8 -> BAHAYA
22. Dr BL Skin Care Cairan Peremajaan Plus -> BAHAYA
23. Herbal Health Ru Special Cream -> BAHAYA
24. Herbal Health Ji Special Cream -> BAHAYA
25. Herbal Health Cream Yi Special Cream -> BAHAYA
26. Herbal Health Xiang Cream -> BAHAYA
27. Protect & Serve, 2 Oz -> BAHAYA
28. AUBAINE Rejuvenating Intensive Serum -> BAHAYA
29. BIO-K Sulf Anti Acne Cream  -> BAHAYA
Selain daftar kosmetik diatas, mungkin masih banyak lagi krim wajah yang tidak terekspos media dan memiliki bahaya besar yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Hebatnya lagi, para produsen yang tidak bertanggung jawab itu telah membuat dus/hologram/pot/stiker/tas/tile pada produk yang meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual asli dan aman.
Sebenarnya praktek penggunaan bahan-bahan kimia dalam sebuah produk kosmetik atau skincare sudah menjadi hal yang memang diperlukan dan dipakai oleh semua produsen mulai dari yang ternama hingga yang abal-abal. Tapi, tentunya pencampuran bahan-bahan kimia tersebut ada batas yang ditentukan serta diawasi oleh ahlinya.
Salah satu bahan yang patut diwaspadai pun seperti hidrokuinon masih sering ditemukan pada beberapa produk. Bahkan menurut teman saya krim-krim dari dokter klinik kecantikan banyak yang menambahkan hidrokuinon sebagai bahan pelengkap mengatasi masalah kulit dengan efek lebih cepat. Hidrokuinon dalam bidang kosmetik memang masih diperbolehkan dengan syarat tidak melebihi batas penggunaan sebanyak 2% dan harus dilakukan serta diawasi oleh dokter ahli. Meski sedikit dan diperbolehkan tentu saja pemakaian krim wajah yang mengandung bahan-bahan kimia tersebut memiliki efek samping jangka pendek dan jangka panjang.
Khusus untuk bahan paling berbahaya seperti mercury dan hidrokuinon (melebihi batas 2%), kami menyimpulkan bahwa terdapat ciri-ciri yang dapat diketahui dari krim tersebut yang didapat dari hasil penelusuran berbagai fakta dan media, yaitu:
TIDAK ADA NO BPOM/NO BPOM TIDAK SESUAI/KOSMETIK PALSU DENGAN BPOM ASLI/TIDAK LOLOS UJI LAB BESERTIFIKAT. Untuk cek nomor BPOM silahkan kunjungi Website Resmi BPOM dan masukkan nomor registrasi yang tertera pada produk atau masukkan nama produknya. Jika tidak ada nomor bpom, kosmetik terbukti aman jika minimal sudah lulus tes uji laboratorium karena kita tahu bahwa mengurus bpom bukanlah hal yang mudah dan murah serta cepat. Namun tetap pastikan ada sertifikat asli laboratorium dan perusahaan lab adalah perusahaan jelas dan ternama. Produk tidak ber BPOM dan UJI LAB, pengecualian terhadap produk atau kosmetik perawatan wajah yang didapatkan langsung dari klinik kecantikan/estetika (bukan salon) atau di praktek-praktek dokter kulit (ada dokter SpKK), serta apoteker yang menjual produk racikan karena produk dibuat sesuai standar dan kebutuhan pasien. Intinya semua harus jelas dan aman.
NOMOR BPOM PALSU/TIDAK TERDAFTAR, PRODUK BERMEREK DAN ASLI YANG DIPALSUKAN/KW, SERTA PRODUK KADALUARSA. Ini juga wajib menjadi perhatian konsumen. Banyak sekali di luaran yang menjual produk palsu dari produk bermerek yang asli. Misalnya produk Ponds (mulai dari krim hingga bedak/alat kosmetik) yang isinya sebenarnya bukan Ponds asli melainkan kemasannya yang dipalsukan menyerupai Ponds asli. Selain itu, banyak juga produk impor yang dipalsukan. Misalnya Pasjel, Skin 79, Etude, dll. Berhati-hatilah terhadap suatu produk import ternama yang dijual dengan harga murah, bisa jadi isi produk adalah racikan berbahaya yang telah dipalsukan. Tapi bukan berarti harga mahal tidak terhindar dari pemalsuan juga ya. Tips dari kami, belilah segala produk kecantikan bermerek lokal dan import di tempat yang jelas seperti supermarket, minimarket, website resmi produk, online shop resmi/online shop yang sudah jelas reputasinya akan produk original. Waspada terhadap barang tiruan karena memang sering kali sulit membedakannya, serta waspada pada produk kadaluwarsa.
TEKSTUR KRIM LENGKET, TIDAK MENYATU, AGAK KASAR. Ini disebabkan kandungan bahan berbahaya salah satunya seperti Mercury. Bahkan ketika digunakan di wajah, kulit terasa mengencang dan tertarik.
WARNA KRIM MENCOLOK, TERANG DAN MENGKILAP. Umumnya warna krim yang berbahaya adalah PUTIH (PUTIH MUTIARA/PEARLY) DAN KUNING yang mencolok. Kebanyakan krim wajah yang tidak jelas akan sama-sama menggunakan warna PUTIH MUTUARA (biasanya untuk malam) dan KUNING (biasanya untuk pagi) karena mereka membeli secara KILOAN di produsen KRIM KILOAN yang belum jelas racikannya. Selain itu, ketika dipakai di wajah terlihat seperti ada bling-bling atau sesuatu yang mengkilap di wajah.
KRIM MEMILIKI WANGI, BAHKAN MENYENGAT. Ini diakibatkan campuran parfum untuk menutupi bau mercury atau logam lainnya. Secara umum, krim wajah memang memiliki kandungan parfum tetapi tidak banyak dan wanginya masih terasa nyaman dihirup hidung.
HASIL PUTIH SINGKAT. Umumnya 3-7 hari.
Oya, banyak yang bertanya kenapa suatu produk yang sudah ber-BPOM ternyata bisa mengandung bahan berbahaya? Begini, saat perorangan atau perusahaan mendaftarkan produknya ke badan POM mereka menyerahkan sampel untuk dicek dan dideteksi petugas. Bisa jadi, produk saat penyerahan sampel dan produk yang diproduksi kemudian berbeda. Jadi setelah mendapat sertifikat dan izin mereka memproduksi produk dengan komposisi lain. Dengan kata lain, mereka menyalahgunakan sertifikasi dan izin POM tersebut.
Semoga bermanfaat untuk semua ya...
Cek dulu keaslian dari produk yang kamu pake..
Sebelum semua terlambat.. ya dari uangnya ya dari kulitnya..
Sayang uang dan sayang kulitnya.. :)
Warm regard
Tantinium

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

Review Cream SARI Whitening

Actually, kulitku berwarna coklat sawo matang. Nggak tahu kalau sawo mentah bagaimana. Yang pasti kalau sedang mengisi identitas pasti tulisannya pilihannya ya sawo matang, putih, hitam atau apalah yang lainnya.

Bersyukur dengan segala yang diberikan Allah SWT dengan warna kulit ini, dengan keadaanku sekarang, semuanya. Alhamdulillah wa syukurillah. Jika melihat judul dari artikel ini pasti kalian akan mengira bahwa ah katanya bersyukur kok nge-review cream whitening, berarti ingin putih dong. Nggak mensyukuri tuh. Eits, jangan salah, dengan ini juga salah satu bentuk menjaga kesyukuran (*ngeles). Sebenarnya dari awal nggak tertarik dengan memutihkan atau yang lainnya.Akan tetapi saya sadar kini telah bersuami dan memiliki anak yang lucu-lucu. makin lama makin tua, pasti kualitas kulit kita akan berkerut dengan sendirinya. Paling tidak saya menjaga kebersihan dengan membuat kulit tetap cerah dan terjaga. Itupun untuk menyenangkan suami (*pasti dibilang ngeles lagi) eh ini penulisnya …

Review Bedak Saripohatji Herbal Nan Alami

Wajah putih, mulus dan bebas jerawat. Siapa sih yang nggak mau? Cowo aja mau apalagi cewe. Tapi ya nggak wajahnya aja yang putih kali ya tapi badannya berkulit hitam. Kayak jenang jamuran dong,hehe.

Berbicara soal wajah. Nggak sedikit wanita sudah pasti mendambakannya, termasuk yang nulis en yang lagi baca. Wajah nggak akan jauh-jauh dengan yang namanya bedak, facial, masker, dan kawan-kawannya.

Ini nih, saya punya rekomendasi bedak dingin yang oke banget namanya Bedak Saripohatji. Tapi sebelum berbicara tentang bedak ini, saya mau cerita saat dulu waktu SMA. Saat SMA, wajah saya dipenuhi dengan bintang kejora. maklum rutinitas sebagai Girl Scouts yang tomboy dan nggak peduli dengan alam adam sekitar membuat wajah saya menjadi sedikit bernoda dengan bintang-bintang (red: jerawat). Mbayanginnya jangan berlebihan ya, nggak banyak banget kok cuma ada segitu aja kok. Ngeles, hehe.


Akhirnya saya pun dapat saran pinjeman (duh nggak banget ya, nggak modal), bukan nggak modal tapi memang bin…