Daftar Kosmetik Berbahaya Berdasarkan Data BPOM

  Hallo everyone, Kami mengingatkan bahwa saat ini telah banyak beredar cream / krim wajah berbahaya di pasaran. Krim wajah tersebut tidak...

 

Hallo everyone,
Kami mengingatkan bahwa saat ini telah banyak beredar cream / krim wajah berbahaya di pasaran. Krim wajah tersebut tidak jelas nomor BPOM-nya/tidak lolos uji lab besertifikat, didapatkan dari produsen yang tidak jelas, harga murah, dan terlebih lagi mengandung bahan berbahaya, seperti Mercury, Hydroquinon, Asam Retinoat, dan Rhodamin (zat pewarna). 
 
Biasanya krim wajah yang dijual bebas tersebut mengiming-imingi pembeli dengan khasiat memutihkan/wajah mulus, mengatasi semua masalah kulit wajah, kinclong, bersih, dan putih dalam waktu singkat. Para konsumen yang telah terlanjur menggunakan krim-krim berbahaya ini memang memiliki wajah putih (putih pucat umumnya), jerawat hilang, flek memudar, hanya dalam waktu 3 hari sampai kurang dari satu/dua minggu.
 
Namun jika kita berpikir logis, apa iya dengan bahan yang aman akan membuat wajah bersih sesingkat itu tanpa proses? Apalagi dalam satu produk dapat mengatasi semua masalah wajah seperti mencerahkan, menghilangkan jerawat, flek, melasma, keriput dll. Satu produk biasanya hanya mengatasi satu atau beberapa masalah wajah karena kita tahu bahwa misalnya jerawat dan flek adalah masalah yang berbeda sehingga pengobatannya pun pasti berbeda.
 
Inilah bukti bahwa krim wajah yang bebas beredar saat ini dan tidak jelas produsennya menggunakan BAHAN BERBAHAYA! Paling sering adalah Mercury dan Hydroquinon. Keduanya memang mempercepat proses pemutihan wajah, penghilangan jerawat, dan flek. Proses tidak lebih dari seminggu. Kenapa? Karena epidermis kulit sudah terkikis dan rusak sehingga wajah menjadi mulus seketika. Tetapi sebenarnya bahan-bahan kimia berbahaya tersebut menumpuk di lapisan dalam dan memiliki efek bahaya jangka panjang.
 
Jika pemakaian krim wajah yang mengandung bahan berbahaya diteruskan dapat menyebabkan efek samping pada wajah (umumnya di bulan ketiga) seperti breakout yang tiba-tiba pada wajah, jerawat kecil-kecil hingga besar bermunculan, kulit wajah berubah warna kehitaman dan kusam, kulit wajah memerah/iritasi, serta gatal-gatal. Selain itu, bahaya mercury dan hydroquinon juga memicu rambut rontok terus-menerus, gangguan tidur dan penglihatan, dan pada jangka panjang akan menimbulkan penyakit lain yaitu kanker. Oleh karena itu, dengan tulisan ini kami juga mempublish daftar kosmetik berbahaya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber media.
 
Disadur dari vemale.com berikut daftar kosmetik berbahaya BPOM 27 Des 2012:
1. DR whitening night cream -> BAHAYA
2. LIE CHE (Day Cream dan Whitening Soap) -> BAHAYA
3. LIEN HUA BUNGA TERATAI (Night dan Day Cream) -> BAHAYA
4. WALET (Day dan Night Cream) -> BAHAYA
5. SP SPESIAL UV WHITENING -> BAHAYA
6. SPESIAL PEARL CREAM SUPER -> BAHAYA
7. PEMUTIH SEJUTA BINTANG -> BAHAYA
8. SJ SIN JUNG (Night Cream dan Day UV White) -> BAHAYA
9. VITAMIN PEMUTIH KECANTIKAN -> BAHAYA
10. KLIP 80″S (Night dan Day Cream) -> BAHAYA
11. VAYALA (Nightly Cream, Daily Cream, Sabun Transparan) -> BAHAYA
 
Disadur dari vemale.com berikut daftar kosmetik berbahaya BPOM 13 Mei 2013:
1. TABITA (Dayly Cream, Nightly Cream, Smooth Lotion Skin Care) -> BAHAYA
2. GREEN ALVINA (Herbal Clinic Walet Night Mild Cream, Night Cream Acne) -> BAHAYA
3. CHRYSANT 24 SKIN CARE (Pemutih Ketiak, Cream Malam Jasmine, AHA Toner) -> BAHAYA
4. HAYFA (Acne Cream Natural Sunblock, Acne Cream Pagi-Sore) -> BAHAYA
5. CREAM dr NUR HIDAYAT SpKK (Acne Lotion, Cream Malam Prima, Acne Cream) -> BAHAYA
6. CANTIK (Vit E Night Cream dan Day Cream) -> BAHAYA
 
Tambahan dari referensi lain dan hasil penelusuran berbagai media:
1. SEGALA JENIS CREAM BERBAHAN DASAR WALET (lampung.tribunnews.com) -> BAHAYA
2. DEOONARD Day Cream dan Night Cream (lampung.tribunnews.com) -> BAHAYA
3. A-DHA BEAUTY CARE -> BAHAYA
4. NATURAL 99/CREAM SUPER -> BAHAYA
5. KRIM/CREAM SYAHRINI -> BAHAYA
6. LING ZHI CREAM -> BAHAYA
7. HERBAL ALGAE -> BAHAYA
8. SERUM DAN CREAM MAGIC KOREA -> BAHAYA
9. ESTHER BLEACHING CREAM -> BAHAYA
10. QL DAY CREAM -> BAHAYA
11. TEMULAWAK NUTRITION CREAM -> BAHAYA
12. KRIM BANDUNG -> BAHAYA
13. KRIM DN -> BAHAYA
14. BIOSOFT CREAM -> BAHAYA
15. RD CREAM ATAU RACIKAN DOKTER ATAU DOKTER -> BAHAYA
16. QWEENA SKIN CARE (Day Cream, Night Cream, Anti Iritasi, Sabun, Toner, Serum) -> BAHAYA
 
NEW UPDATE (22 MARET 2014):
Baru saja kami menemui KITTY Cream yang beredar di beberapa online shop. Krim wajah ini terdiri dari paket sabun berbentuk kepala hello kitty, cream pagi, cream malam, CC Cream, dan tas cantik hello kitty bertuliskan KITTY CREAM. Cream wajah ini perlu dicurigai dan diwaspadai ya akan kandungannya yang berbahaya. Hal ini karena paket krim tersebut tidak jelas asal-usulnya, harga terbilang murah untuk paket yang terdiri dari lima item, dan tidak ada nomor bpom atau sertifikat lulus uji lab. Jadi, ayo lebih waspada dan lebih cerdas sebagai konsumen maupun distributor.
TERBARU!! 
 
Daftar Kosmetik Berbahaya Versi BPOM 2014
(sumber: http://www.sayangi.com dan http://www.tempo.co)
1. KISS Beauty Lipstik -> BAHAYA
2. MISS BEAUTY Lipstik -> BAHAYA
3. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Night Cream -> BAHAYA
4. HAN’S SKIN CARE Flawless Night Cream -> BAHAYA
5. PLATINUM Cream Malam -> BAHAYA
6. MEILI Freckle Cream -> BAHAYA
7. COSMEDIC Cream 4 Pagi Sore -> BAHAYA
8. SARI (STAR ABADI RATU BOGOR) Daily & Night Cream for Oily Skin -> BAHAYA
9. SARI Sabun Muka Lime -> BAHAYA
10. SARI Daily & Night Cream for Normal Skin -> BAHAYA
11. SARI Sabun Muka Papaya + Honey -> BAHAYA
12. CHANLEEVI No 04 -> BAHAYA
13. HAN’S SKIN CARE TRIAL Treatment Toner -> BAHAYA
14. HAN’S SKIN CARE Treatment Toner -> BAHAYA
15. STEFANI Crem Malam -> BAHAYA
16. Citra Jelita Night Cream -> BAHAYA
17. SULAMIT Miraculous White Day Cream Passion Series -> BAHAYA
18. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Day Cream -> BAHAYA
19. HAN’S SKIN CARE Flawless Day Cream -> BAHAYA
20. QB White Night Cream -> BAHAYA
21. COSMEDIC Formula Baru Cream No 8 -> BAHAYA
22. Dr BL Skin Care Cairan Peremajaan Plus -> BAHAYA
23. Herbal Health Ru Special Cream -> BAHAYA
24. Herbal Health Ji Special Cream -> BAHAYA
25. Herbal Health Cream Yi Special Cream -> BAHAYA
26. Herbal Health Xiang Cream -> BAHAYA
27. Protect & Serve, 2 Oz -> BAHAYA
28. AUBAINE Rejuvenating Intensive Serum -> BAHAYA
29. BIO-K Sulf Anti Acne Cream  -> BAHAYA
 
Selain daftar kosmetik diatas, mungkin masih banyak lagi krim wajah yang tidak terekspos media dan memiliki bahaya besar yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Hebatnya lagi, para produsen yang tidak bertanggung jawab itu telah membuat dus/hologram/pot/stiker/tas/tile pada produk yang meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual asli dan aman.
 
Sebenarnya praktek penggunaan bahan-bahan kimia dalam sebuah produk kosmetik atau skincare sudah menjadi hal yang memang diperlukan dan dipakai oleh semua produsen mulai dari yang ternama hingga yang abal-abal. Tapi, tentunya pencampuran bahan-bahan kimia tersebut ada batas yang ditentukan serta diawasi oleh ahlinya.
 
Salah satu bahan yang patut diwaspadai pun seperti hidrokuinon masih sering ditemukan pada beberapa produk. Bahkan menurut teman saya krim-krim dari dokter klinik kecantikan banyak yang menambahkan hidrokuinon sebagai bahan pelengkap mengatasi masalah kulit dengan efek lebih cepat. Hidrokuinon dalam bidang kosmetik memang masih diperbolehkan dengan syarat tidak melebihi batas penggunaan sebanyak 2% dan harus dilakukan serta diawasi oleh dokter ahli. Meski sedikit dan diperbolehkan tentu saja pemakaian krim wajah yang mengandung bahan-bahan kimia tersebut memiliki efek samping jangka pendek dan jangka panjang.
 
Khusus untuk bahan paling berbahaya seperti mercury dan hidrokuinon (melebihi batas 2%), kami menyimpulkan bahwa terdapat ciri-ciri yang dapat diketahui dari krim tersebut yang didapat dari hasil penelusuran berbagai fakta dan media, yaitu:
 
TIDAK ADA NO BPOM/NO BPOM TIDAK SESUAI/KOSMETIK PALSU DENGAN BPOM ASLI/TIDAK LOLOS UJI LAB BESERTIFIKAT. Untuk cek nomor BPOM silahkan kunjungi Website Resmi BPOM dan masukkan nomor registrasi yang tertera pada produk atau masukkan nama produknya. Jika tidak ada nomor bpom, kosmetik terbukti aman jika minimal sudah lulus tes uji laboratorium karena kita tahu bahwa mengurus bpom bukanlah hal yang mudah dan murah serta cepat. Namun tetap pastikan ada sertifikat asli laboratorium dan perusahaan lab adalah perusahaan jelas dan ternama. Produk tidak ber BPOM dan UJI LAB, pengecualian terhadap produk atau kosmetik perawatan wajah yang didapatkan langsung dari klinik kecantikan/estetika (bukan salon) atau di praktek-praktek dokter kulit (ada dokter SpKK), serta apoteker yang menjual produk racikan karena produk dibuat sesuai standar dan kebutuhan pasien. Intinya semua harus jelas dan aman.

NOMOR BPOM PALSU/TIDAK TERDAFTAR, PRODUK BERMEREK DAN ASLI YANG DIPALSUKAN/KW, SERTA PRODUK KADALUARSA. BAHAYA BANGET!
 
Ini juga wajib menjadi perhatian konsumen. Banyak sekali di luaran yang menjual produk palsu dari produk bermerek yang asli. Misalnya produk Ponds (mulai dari krim hingga bedak/alat kosmetik) yang isinya sebenarnya bukan Ponds asli melainkan kemasannya yang dipalsukan menyerupai Ponds asli. Selain itu, banyak juga produk impor yang dipalsukan. Misalnya Pasjel, Skin 79, Etude, dll. Berhati-hatilah terhadap suatu produk import ternama yang dijual dengan harga murah, bisa jadi isi produk adalah racikan berbahaya yang telah dipalsukan. 
 
Tapi bukan berarti harga mahal tidak terhindar dari pemalsuan juga ya. Tips dari kami, belilah segala produk kecantikan bermerek lokal dan import di tempat yang jelas seperti supermarket, minimarket, website resmi produk, online shop resmi/online shop yang sudah jelas reputasinya akan produk original. Waspada terhadap barang tiruan karena memang sering kali sulit membedakannya, serta waspada pada produk kadaluwarsa.
TEKSTUR KRIM LENGKET, TIDAK MENYATU, AGAK KASAR. Ini disebabkan kandungan bahan berbahaya salah satunya seperti Mercury. Bahkan ketika digunakan di wajah, kulit terasa mengencang dan tertarik.

WARNA KRIM MENCOLOK, TERANG DAN MENGKILAP. Umumnya warna krim yang berbahaya adalah PUTIH (PUTIH MUTIARA/PEARLY) DAN KUNING yang mencolok. Kebanyakan krim wajah yang tidak jelas akan sama-sama menggunakan warna PUTIH MUT{ARA (biasanya untuk malam) dan KUNING (biasanya untuk pagi) karena mereka membeli secara KILOAN di produsen KRIM KILOAN yang belum jelas racikannya. Selain itu, ketika dipakai di wajah terlihat seperti ada bling-bling atau sesuatu yang mengkilap di wajah.

KRIM MEMILIKI WANGI, BAHKAN MENYENGAT. Ini diakibatkan campuran parfum untuk menutupi bau mercury atau logam lainnya. Secara umum, krim wajah memang memiliki kandungan parfum tetapi tidak banyak dan wanginya masih terasa nyaman dihirup hidung. HASIL PUTIH SINGKAT. Umumnya 3-7 hari.

Oya, banyak yang bertanya kenapa suatu produk yang sudah ber-BPOM ternyata bisa mengandung bahan berbahaya? Begini, saat perorangan atau perusahaan mendaftarkan produknya ke badan POM mereka menyerahkan sampel untuk dicek dan dideteksi petugas. Bisa jadi, produk saat penyerahan sampel dan produk yang diproduksi kemudian berbeda. Jadi setelah mendapat sertifikat dan izin mereka memproduksi produk dengan komposisi lain. Dengan kata lain, mereka menyalahgunakan sertifikasi dan izin POM tersebut.
 
Semoga bermanfaat untuk semua ya...
Cek dulu keaslian dari produk yang kamu pake..
Sebelum semua terlambat.. ya dari uangnya ya dari kulitnya..
Sayang uang dan sayang kulitnya.. :)
 
Warm regard
Tantinium

COMMENTS

Name

#DiEmasinAja,1,#Ingat Lingkungan,1,#PeduliLingkungan,1,55 soal latihan simple present tense,1,55 soal latihan simple routine task,1,683mdpl,1,accepting and declining suggestions,1,accepting suggestions,1,air apakah air kolam renang walik itu,1,ajarkan anak cinta lingkungan,1,akibat memutus silaturahmi,1,alamat bukit asmara situk banjarnegara,1,alamat kampus jogjakarta,1,alamat river tubing limbasari,1,alat belajar online,1,alur bagan pengajuan nuptk,1,ambil uang western union di bank,1,ambil uang western union di indomaret,1,ambil uang western union di kantor pos,1,amunisi menjalani new normal,1,anak lemas,1,anak siap lepas asi berapa tahun,1,Analytical Exposition,1,animals,1,antara wabah dan idul fitri,1,anting bayi,1,anting bayi yang baik untuk anak,1,anus bayi merah,1,anus bayi perih,1,apa beda ain't gonna gotta wanna,1,apa itu ain't,1,apa itu bogar,1,apa itu diet,1,apa itu gonna' apa itu gotta' apa itu wanna,1,apa itu penyakit ain,1,apa itu slang,1,apa itu VCT,1,Apakah TBC bisa disembuhkan?,1,artikel blog keren,1,asking and giving opinion,1,asking for and giving the direction,2,asking for and stating plan,1,atur program belajar anak,1,aturan debat Bahasa Inggris,1,ayam bakar jos,1,bagaimana cara mengajukan nuptk,1,bagaimana cara mengayuh sepeda,1,bagaimana cara menghentikan anak menangis,1,bagaimana kompres data,1,bagaimana menjadi Ibu yang baik,1,bagi-bagi pulsa gratis 2014,1,bahasa debat,1,bahasa tertawa dalam chatting,1,bahaya iri dengki,1,bahaya penyakit hati,1,batu ratapn angin,1,Beauty,2,beda will dan be going to,2,bedak dingin manjur,1,bedak herbal,1,bedak saripohatji,1,belajar berhitung dari buku,1,belajar gratis,1,Belajar mengelola room webex,1,belajar online bahasa inggris smk,1,belajar slang bahasa inggris,1,belajar tenses,1,beli emas mini,1,benih agromulya,1,benih sayur,1,berhadiah pulsa gratis 2014,1,berita kecantikan,1,berkebun sayur,1,bibir kering pakai lipstik tato monomola,1,bijak tanggap berita hoax,1,bike tracking,1,bingkisan untuk guru,1,BJ habibie meninggal dunia,1,blog sepi,1,blogdetik,1,blogger peduli kesehatan,1,blogger sayang Ibu,1,bogar itu seperti apa,1,botania garden karangcengis,1,buah,1,bukit asmara situ banjarnegara,1,bukit sikunir dieng,1,bukit windujaya,1,candi arjuna,1,canva,1,cara dewi hughes langsing,1,cara diet kenyang,1,cara diet sehat,1,cara jadi reseller benih agromulya,1,cara lepas dari roda bantu,1,cara melatih motorik anak,1,cara membuat denah,1,cara membuat oralit,1,cara memisahkan anak dengan gadget,1,cara mengajukan nuptk,1,cara mengambil uang western union,1,cara menganalisa deskripsi text,1,cara menganalisa dexcriptive text,1,cara mengatasi dehidrasi,1,cara mengatasi insecure,1,cara mengatasi semut yang bersarang di mobil dan motor,1,cara mengelola pikiran,1,cara menggali rasa ingin tahu anak,1,cara menghilangkan kulit kusam,1,cara menghilangkan rasa malas,1,cara menghilangkan semut dimobil dan motor,1,cara mengisi waktu luang dengan anak,2,cara menyapih,1,cerita bunda,5,cerita lucu dengan lagu,1,cerita memakai cream sari,1,cerita menyapih anak,1,cerita pakai saripohatji,1,cerita pengalaman memakai anting bayi,1,ciri-ciri pasien covid-19,1,contoh kalimat simple present tense,1,contoh pronouns,1,cookies singkong,1,cream,1,cream sari aman untuk ibu hamil,1,cream sari ber bpom,1,curhat bunda,1,daftar nama kampus di jogja,1,daftar nama perguruan tinggi di jogja,1,data kosmetika berbahaya,1,declining suggestions,1,DEEP LEARNING,8,deeplearning,11,degrees of comparison,1,dehidrasi pada anak,1,demi masa,1,describing occupations,1,descriptive text,1,dewi hughes langsing,1,diet hypnotherapy,1,diet kenyang,1,diet sehat,1,diet spiritual,1,Disiplin kunci sembuh dari TB,1,distributor emas mini,1,distributor resmi,1,dr brandon serum,1,dunia anak,4,dunia literasi,1,EASY ENGLISH,9,EASYENGLISH,23,emas mini,1,emas mini endorse,1,emas mini online,1,English,1,English text,1,faber castell,1,fenomena bahasa tertawa,1,FILE PDF INFO PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019,1,fkyer unik,1,gejala dehidrasi,1,go green,1,gratis,1,gula cair singkong,1,gula singkong,1,guna kumpul teman lama,1,hadiah ulang tahun istri,1,halaman penuh sayur,1,harga cream sari,1,health,2,healthyskin,1,hikmah belajar dirumah,1,hikmah revolusi industri 4.0,1,hikmah wabah,1,ikan bakar di Klampok,1,Ikan bakar enak,1,insecure,1,inspirasi nulis blog,1,INSPIRING,25,INSPIRING STORY,3,introducing myself,1,intruksi bahasa inggris,1,investasi cocok masa pandemi,1,investasi emas,1,jalan menuju kalibiru,1,jauhdekat.com,1,jenis wisata dieng,1,jogja kampusnya apa saja,1,jual benih sayur,1,jual cream sari,1,jual emas mini,1,jual paket benih,1,jual saripohatji,1,jurnal syukur tahun baru,1,kado untuk guru,1,kalibiru kulonprogo,1,kalibiru yogyakarta,1,kalimat perintah soal bahasa inggris,1,kata mutiara,1,kawah sikidang,1,kejutan ulang tahun,1,kekuatan Ibu,1,kelucuan anak,1,KEMDIKBUD,2,kemendikbud,1,kenapa anaku menangis,1,kenapa jauh-jauhan,1,kenapa LDR,1,kenapa siswa libur,1,keraton jogjakarta,1,kesehatan,1,keseruan tubing,1,ketrampilan pada anak,2,keuntungan VCT,1,keutamaan silaturahmi,1,khas dieng,1,KIDS ZONE,10,kisah nyata pasien covid-19,1,kolam renang walik purbalingga,1,kosmetik,1,kosmetika berbahaya,1,kosmetika bpom,1,kuliah di jogja,1,kuliner,1,kurap di wajah,1,laboratorium maya,1,lagu nina bobo,1,latihan dasar MC untuk pemula,1,latihan soal asking for and giving the direction,1,latihan soal personal letter,1,latihan soal simple routine task,1,lebaran 2020. selamat idul fitri,1,libur sekolah diperpanjang lagi,1,lingkungan,1,link belajar online,1,loang pada anak,1,Lomba,1,lomba menulis,2,lomba menulis desember 2014,1,lomba menulis terbaru 2014,1,lomba review,1,macam-macam dehidrasi,1,makan lesehan di klampok banjarnegara,1,makna gaya tertawa,1,makna surat al ashr,1,malas,1,males,1,mandi parfum,1,manfaat menggunting,1,manfaat pelukan,1,manfaat saripohatji,1,manfaat silaturahmi,1,masker herbal,1,materi asking for and giving the direction,1,materi intention kelas x,1,materi kelas xi semester 2,1,materi simple routine task,3,materi will vs be going to,1,membuat deskripsi denah dalam bahasa inggris,1,membuat flyer,3,memo,1,memorandum,1,menanan media polybag,1,mengapa anak harus dipeluk,1,mengapa room webex tidak keluar suara,1,mengapa tanda silang pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,mengatasi insecure,1,mengelola room webex,1,menjawab rasa ingin tahu anak,1,menu,1,menulis dapat pulsa gratis 2014,1,menyapih adalah,1,mercury,1,microsoft word,1,mie sehat,1,mie sehat buah,1,mie sehat sayuran,1,mie sehat singkong,1,mini video,1,mocaf,1,mocaffine,1,narrative text,1,nasehat,1,nateri personal letter,1,new normal,1,new normal akan berlangsung,2,new normal saat pandemi,2,NUPTK,1,obat anti TB gratis,1,obat anus bayi perih,1,obat herbal kurap,1,obat jerawat,1,obat kurang manjur,1,obat TBC gratis,1,obat tradisional kurap,1,olah vokal MC,1,oleh-oleh dieng,1,opini,1,opinion,1,oralit,1,paket belajar online,1,paket river tubing,1,parenting,5,pasangan LDR,1,pecinta sepeda,1,pelatihan offline VCT,1,pembahasan soal bahasa inggris,1,pembelajaran online,1,PENDAFTARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,pengalaman ambil uang western union,1,pengalaman memiliki anak berdekatan usianya,1,pengawasan mutu obat anti TB,1,pengertian simpe present tense,1,penggunaan simple present tense,1,penginapan dieng,1,penjelasan will dan be gong to,1,penyakit kurap pada anak,1,penyakit paling berbahaya,1,penyebab dehidrasi,1,perjalanan ke windujaya,1,permen pindy,1,permen pindy aman dikonsumsi,1,permen pindy susu enak,1,permen pindy tidak mengandung narkoba,1,persiapan tubing,1,personal letter,1,pesan,1,pesan fenomenal eyang habibie,1,phrases for debate moderator,1,pjj dan ptm,1,platform webex,1,pola simple present tense,1,portal pembelajaran kemdikbud,1,positif wabah 2020,1,PPG,1,PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,PPG UPDATE,1,presensi online,1,procedure text,1,produk faber castell,1,produk singkong,1,Prof Dr BJ Habibie,1,program belajar anak,1,program belajar efektif,1,pronouns,1,pronouns kelas 10,1,prosedur pengajuan nuptk,1,proses menyapih,1,purbalingga,1,QR Code,1,rasa ingin tahu anak,1,reading strategies,1,recount text,1,rejeki Ibu,1,rekam layar,1,reseller benih sayur,1,REVIEW,13,review bogar karangcengis,1,Review buku,1,review buku anak,1,review cream sari,1,review emas mini,1,review kolam renang walik purbalingga,1,review kosmetik,2,review lipstik,1,review lipstik tato monomola,1,review produk,3,review river tubing,1,review saripohatji,1,review tantinium,1,river tubing limbasari,1,RUMAH BELAJAR,2,rumah mocaf indonesia,1,rumpit bike park,1,rumus present tense,1,rute perjalanan bukit asmara banjarnegara,1,rute river tubing limbasari,1,satu kalimat syukur,1,Save the earth,1,saya bersyukur akan,1,sayembara menulis,1,sayur sehat,1,scan berkas nuptk,1,scarlett,2,scarlett body lotion,1,scarlett body scrub,1,scarlett by felicya angelista,2,scarlett facial foam,1,scarlett review,2,scarlett serum,1,scarlett shower scrub,1,schedule,1,school from home,1,SEAMEO,1,seameo seamolec,1,SEAMOLEC,1,sejarah keraton jogjakarta,1,selamat tahun baru bahasa jawa,1,self editing,1,semut membandel,1,seputar anak,1,serial kedua OAT gratis,1,serum,1,serum mengandung niacinamide,1,serum penghilang jerawat,1,serum tidak baru,1,serum under 50K,1,sharing anak,2,sharing pengalaman VCT,1,sign,1,siklus menyapih,1,silabus bahasa inggris simple routine task smk kelas x,1,silabus simple routine task,1,SIM PKB,1,simple future tense,3,simple routine task,4,slang,1,soal latihan bahasa inggris,1,soal latihan be going to,1,soal latihan will,1,soal latihan will be,1,soal simple routine task,1,solusi belajar daring,1,solusi tanda silang merah pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,song,1,Songs,1,speech to text,1,Spot Foto gerbang UGM,1,stating intention,1,stating plan or intention,1,strategi pengembangan anak usia dini,1,structure simple present tense,1,stylus pen,1,suggestions,1,SURAT EDARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,susahnya menyapih,1,syarat pengajuan nuptk,1,syarat peserta VCT,1,syukur,1,tabel irreguler comparison,1,tanda silang pada pendaftaran seleksi ppg,1,tanda-tanda dehidrasi,1,tantinium,3,tanya kampus di jogja,1,target,1,TB bisa disembuhkan,1,TB indonesia,1,TB tidak bisa sembuh?,1,teknik penulisan yang benar,1,teks MC,1,temukan dan sembuhkan pasien TB,1,tenses,1,tepung mocaf,1,terlepas dari asi,1,tertawa dalam media sosial,1,testimoni cream sari,1,tiket masuk bukit asmara,1,tiket masuk kalibiru,1,tiket masuk kolam renang walik,1,Tips LDR,1,tips melatih bersepeda,1,Tips membasmi semut,1,tips naik bukit asmara,1,tips perjalanan wisata dieng,1,tips to read,1,titanic,1,tradisi menerima rapor,1,TRAVELLING,8,travels,1,tubing di purbalingga,1,tujuan silaturahmi,1,UGM,1,vct batch 5,2,video bahasa inggris,1,video baper,1,video pembelajaran,1,video tentang MC,1,vitalis body wash,1,vitalis mandi parfum,1,webex cisco,1,webinar faber castell,1,will dan be going to,1,wisata banjarnegara,1,wisata baru purbalingga,1,wisata petik buah di purbalingga,1,WWF,1,www.rumahbelajar.id,1,
ltr
item
TANTINIUM: Daftar Kosmetik Berbahaya Berdasarkan Data BPOM
Daftar Kosmetik Berbahaya Berdasarkan Data BPOM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxg0ek9h5s446ZnIdpdkqIsCe0jWK7Rij_6J3ITM5yeaEc3ZQRW1BShZLoP3X_9eEw7kup6wbBOItsORyefTNBBTt4uHokjQ8DGWiRPEUztEQ_3SxhhexCt9bwWC0kPP6l0ccf3dXXIOZC/s0/7.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxg0ek9h5s446ZnIdpdkqIsCe0jWK7Rij_6J3ITM5yeaEc3ZQRW1BShZLoP3X_9eEw7kup6wbBOItsORyefTNBBTt4uHokjQ8DGWiRPEUztEQ_3SxhhexCt9bwWC0kPP6l0ccf3dXXIOZC/s72-c/7.jpeg
TANTINIUM
https://www.tantinium.com/2016/11/daftar-kosmetik-berbahaya-berdasarkan.html
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/2016/11/daftar-kosmetik-berbahaya-berdasarkan.html
true
6026546146404148288
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content