Skip to main content

Dehidrasi Bagai di Gurun Sahara

"DEHIDRASI di Gurun Sahara.. Hilang di Segitiga bermudaaa.."

Itulah sepenggal lagu yang dibawakan oleh Gita Gutawa. Satu kata yang saya CHAPS LOCK adalah DEHIDRASI. Ternyata penyakit ini sungguh membuat para orang tua sedih jika dialami oleh anak mereka. Termasuk saya.

Saat ini, My Q (1.5 years old) sakit dan didiagnosa Dehidrasi sedang. Perasaan ya setiap hari minum, setiap hari ASI, makanan juga bergizi dan enak-enak tapi kenapa My Q mengalami dehidrasi? Pertanyaan ini saya sampaikan kepada kakak perempuan saya yang kebetulan dia seorang perawat di sebuah Rumah Sakit Swasta. Sedih memang ya karena anak kita jadi tidak ceria, lemas, lesu, cengeng, tidak nafsu makan, mencret, tidak mau lepas dari gendongan, kira-kira apa yang Mom rasakan jika anak kita seperti ini?hiksssss T_T

Empat hari sudah My Q belum kunjung sembuh, tapi Alhamdulillah sedikit ada perubahan di hari kelima dimana ia sudah mau turun dari gendongan, sudah mau jalan dan bermain dengan kakaknya. Sudah mau makan meski harus satu menu itu yaitu Bakso. Feses juga sudah tidak berbentuk air lagi. Dan hari keenam, My Q sudah sembuh total meski masih terus konsumsi Zink untuk memperbaiki pencernaanya sampai 10 hari kedepan.

Buat para mom yang mungkin anaknya meraskan hal seperti ini, bisa jadi ia mengalami dehidrasi ringan:
1. Lemas
2. Perut sakit
3. Kepala panas
4. Mencret
5. Tidak nafsu makan
6. Lesu

Hati-hati ya mom, segera diatasi dengan pertolongan pertama Mom. Yakni Oralit. Jangan sampai ia merasakan dehidrasi berat seperti tanda-tanda berikut:
1. Mata cekung
2. Jarang pipis
3. Saat menangis tidak keluar mata
4. Rasa haus yang ekstrim
5. Demam
6. Kulit keriput dan kering jika dicubit, baliknya lama
7. Rewelnya minta ampun
8. Saat udara panas, tidak keluar keringat atau hanya sedikit sekali

Naaahh segera bawa ke dokter ya mom...! Wajib itu Mom!

Dehidrasi seringkali dirasakan oleh-oleh para balita. Dehidrasi ini cukup berbahaya jika tidak diatasi karena akan berdampak pada kematian. Naudzubiilah.. Inginnya selalu panjang umur, sehat selalu, umur panjang yang barokah banyak pahala. Amin.

Menurut data yang ada, dehidrasi ini terjadi karena:
1. Makanan kotor
2. Tempat tidur atau alat makanan juga kotor
3. dipandang dari segi vitamin, karena
     - Kekurangan zat natrium
     - Kekurangan air
     - Kekurangan natrium dan air

Dehidrasi terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan penurunan berat badan, yaitu:
1. Dehidrasi ringan (jika penurunan cairan tubuh 5 % dari berat badan
2. Dehidrasi sedang (jika penurunan cairan tubuh antara 5-10 % dari berat badan)
3. Dehidrasi berat (jika penurunan cairan tubuh lebih dari 10 % dari berat badan)

Perlakukanlah anak-anak ataupun orang dewasa dengan hati-hati. Ukuran haus seseorang tidak dapat dijadikan acuan bahwa anak itu mengalami dehidrasi. Maka dari itu, jika sudah terindikasi tersebut diatas. Jangan lupa untuk memberikan ORALIT (2sdt gula+1sdt garam+air matang) diberikan setelah mencret (BAB encer) itu ya... Jangan lupa juga berikan ZINK. Zink untuk anak berbentuk pil, sirup dan serbuk. Saat itu, My Q saya berikan yang serbuk namanya OreZink karena tidak ada stok, saya beri ZinKidz syrup harganya Rp.35.000,- di apotek. Untuk usia <6 bulan 5 ml sehari, untuk usia >6bulan - 5 tahun 10ml sehari.

Ingatlah tanda-tanda dehidrasi tersebut ya Mom... Awasi diri Anda dan keluarga anda. Semoga selalu sehat dan selalu sehat. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

Review Cream SARI Whitening

Actually, kulitku berwarna coklat sawo matang. Nggak tahu kalau sawo mentah bagaimana. Yang pasti kalau sedang mengisi identitas pasti tulisannya pilihannya ya sawo matang, putih, hitam atau apalah yang lainnya.

Bersyukur dengan segala yang diberikan Allah SWT dengan warna kulit ini, dengan keadaanku sekarang, semuanya. Alhamdulillah wa syukurillah. Jika melihat judul dari artikel ini pasti kalian akan mengira bahwa ah katanya bersyukur kok nge-review cream whitening, berarti ingin putih dong. Nggak mensyukuri tuh. Eits, jangan salah, dengan ini juga salah satu bentuk menjaga kesyukuran (*ngeles). Sebenarnya dari awal nggak tertarik dengan memutihkan atau yang lainnya.Akan tetapi saya sadar kini telah bersuami dan memiliki anak yang lucu-lucu. makin lama makin tua, pasti kualitas kulit kita akan berkerut dengan sendirinya. Paling tidak saya menjaga kebersihan dengan membuat kulit tetap cerah dan terjaga. Itupun untuk menyenangkan suami (*pasti dibilang ngeles lagi) eh ini penulisnya …

Review Bedak Saripohatji Herbal Nan Alami

Wajah putih, mulus dan bebas jerawat. Siapa sih yang nggak mau? Cowo aja mau apalagi cewe. Tapi ya nggak wajahnya aja yang putih kali ya tapi badannya berkulit hitam. Kayak jenang jamuran dong,hehe.

Berbicara soal wajah. Nggak sedikit wanita sudah pasti mendambakannya, termasuk yang nulis en yang lagi baca. Wajah nggak akan jauh-jauh dengan yang namanya bedak, facial, masker, dan kawan-kawannya.

Ini nih, saya punya rekomendasi bedak dingin yang oke banget namanya Bedak Saripohatji. Tapi sebelum berbicara tentang bedak ini, saya mau cerita saat dulu waktu SMA. Saat SMA, wajah saya dipenuhi dengan bintang kejora. maklum rutinitas sebagai Girl Scouts yang tomboy dan nggak peduli dengan alam adam sekitar membuat wajah saya menjadi sedikit bernoda dengan bintang-bintang (red: jerawat). Mbayanginnya jangan berlebihan ya, nggak banyak banget kok cuma ada segitu aja kok. Ngeles, hehe.


Akhirnya saya pun dapat saran pinjeman (duh nggak banget ya, nggak modal), bukan nggak modal tapi memang bin…