Skip to main content

Manfaat Kegiatan Menggunting pada Anak

Menggunting, aktivitas lama yang disukai my son, terlebih sekarang ini diusianya 3 tahun 7 bulan. Harus tetap diawasi itu sudah pasti, meski ia sudah mengenal gunting sejak usia 2 tahun an (jika tidak salah ingat). Khawatir jika guntingnya itu melayang kemana-mana.

Di sela kesehariannya, saya selalu menyempatkan untuk selalu mempunyai kebersamaan dengan my son ini, terlebih jika my daughter (My Q) sedang tidur, sehingga melatih my son dalam beraneka ragam ketrampilan saat dirumah tidak terganggu.

Kali ini, kita bereksplorasi dengan namanya "GUNTING". Sebelum menggunakannya pastikan buat perjanjian dengan our children agar guntingnya tidak melayang kemana-mana ya mom, hehe.

Tapi tau ga sih mom? Menggunting itu juga ada unsur ketrampilan motorik pada anak lho,,,
Seperti dikatakan Dra. Sandra Talogo, Psi, MSc. dari Spectrum Treatment and Education Centre, Bintaro ada banyak manfaat yang akan didapat si kecil dari kegiatan menggunting. Inilah beberapa diantaranya:
1. Melatih motorik halus
2. Melatih koordinasi tangan, mata dan konsentrasi
3. Meningkatkan kepercayaan diri
4. Lancar menulis
5. Ungkapan ekspresi
6. Mengasah kognitif

Banyak cara bagaimana kegiatan menggunting menjadi mengasyikan. Berikut yang saya lakukan:
1. Menggunting poster abjad
    Kegiatan ini sungguh memberikan dampak positif pada anak, karena saat Alfath menggunting huruf A      besar setelah itu 'a' kecil. Berarti disini ia paham mana huruf yang sama dan mana yang tidak.


2. Menggunting wajah kartun


3. Menggunting kertas bekas
4. Menggunting garis-garis di kertas
5. Menggunting bungkus bekas jajannya

hal ini mempunyai satu tujuan agar anak terampil dalam menggunting. Dalam kegiatan yang saya lakukan terkandung unsur belajarnya juga. Asyik bukan mom..

Silahkan dipraktekkan dengan buah hati tercinta dirumah. Pasti akan menyenangkan dan mengasyikan :-)


Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

Review Cream SARI Whitening

Actually, kulitku berwarna coklat sawo matang. Nggak tahu kalau sawo mentah bagaimana. Yang pasti kalau sedang mengisi identitas pasti tulisannya pilihannya ya sawo matang, putih, hitam atau apalah yang lainnya.

Bersyukur dengan segala yang diberikan Allah SWT dengan warna kulit ini, dengan keadaanku sekarang, semuanya. Alhamdulillah wa syukurillah. Jika melihat judul dari artikel ini pasti kalian akan mengira bahwa ah katanya bersyukur kok nge-review cream whitening, berarti ingin putih dong. Nggak mensyukuri tuh. Eits, jangan salah, dengan ini juga salah satu bentuk menjaga kesyukuran (*ngeles). Sebenarnya dari awal nggak tertarik dengan memutihkan atau yang lainnya.Akan tetapi saya sadar kini telah bersuami dan memiliki anak yang lucu-lucu. makin lama makin tua, pasti kualitas kulit kita akan berkerut dengan sendirinya. Paling tidak saya menjaga kebersihan dengan membuat kulit tetap cerah dan terjaga. Itupun untuk menyenangkan suami (*pasti dibilang ngeles lagi) eh ini penulisnya …

Review Bedak Saripohatji Herbal Nan Alami

Wajah putih, mulus dan bebas jerawat. Siapa sih yang nggak mau? Cowo aja mau apalagi cewe. Tapi ya nggak wajahnya aja yang putih kali ya tapi badannya berkulit hitam. Kayak jenang jamuran dong,hehe.

Berbicara soal wajah. Nggak sedikit wanita sudah pasti mendambakannya, termasuk yang nulis en yang lagi baca. Wajah nggak akan jauh-jauh dengan yang namanya bedak, facial, masker, dan kawan-kawannya.

Ini nih, saya punya rekomendasi bedak dingin yang oke banget namanya Bedak Saripohatji. Tapi sebelum berbicara tentang bedak ini, saya mau cerita saat dulu waktu SMA. Saat SMA, wajah saya dipenuhi dengan bintang kejora. maklum rutinitas sebagai Girl Scouts yang tomboy dan nggak peduli dengan alam adam sekitar membuat wajah saya menjadi sedikit bernoda dengan bintang-bintang (red: jerawat). Mbayanginnya jangan berlebihan ya, nggak banyak banget kok cuma ada segitu aja kok. Ngeles, hehe.


Akhirnya saya pun dapat saran pinjeman (duh nggak banget ya, nggak modal), bukan nggak modal tapi memang bin…