Skip to main content

Manfaat Kegiatan Menggunting pada Anak

Menggunting, aktivitas lama yang disukai my son, terlebih sekarang ini diusianya 3 tahun 7 bulan. Harus tetap diawasi itu sudah pasti, meski ia sudah mengenal gunting sejak usia 2 tahun an (jika tidak salah ingat). Khawatir jika guntingnya itu melayang kemana-mana.

Di sela kesehariannya, saya selalu menyempatkan untuk selalu mempunyai kebersamaan dengan my son ini, terlebih jika my daughter (My Q) sedang tidur, sehingga melatih my son dalam beraneka ragam ketrampilan saat dirumah tidak terganggu.

Kali ini, kita bereksplorasi dengan namanya "GUNTING". Sebelum menggunakannya pastikan buat perjanjian dengan our children agar guntingnya tidak melayang kemana-mana ya mom, hehe.

Tapi tau ga sih mom? Menggunting itu juga ada unsur ketrampilan motorik pada anak lho,,,
Seperti dikatakan Dra. Sandra Talogo, Psi, MSc. dari Spectrum Treatment and Education Centre, Bintaro ada banyak manfaat yang akan didapat si kecil dari kegiatan menggunting. Inilah beberapa diantaranya:
1. Melatih motorik halus
2. Melatih koordinasi tangan, mata dan konsentrasi
3. Meningkatkan kepercayaan diri
4. Lancar menulis
5. Ungkapan ekspresi
6. Mengasah kognitif

Banyak cara bagaimana kegiatan menggunting menjadi mengasyikan. Berikut yang saya lakukan:
1. Menggunting poster abjad
    Kegiatan ini sungguh memberikan dampak positif pada anak, karena saat Alfath menggunting huruf A      besar setelah itu 'a' kecil. Berarti disini ia paham mana huruf yang sama dan mana yang tidak.


2. Menggunting wajah kartun


3. Menggunting kertas bekas
4. Menggunting garis-garis di kertas
5. Menggunting bungkus bekas jajannya

hal ini mempunyai satu tujuan agar anak terampil dalam menggunting. Dalam kegiatan yang saya lakukan terkandung unsur belajarnya juga. Asyik bukan mom..

Silahkan dipraktekkan dengan buah hati tercinta dirumah. Pasti akan menyenangkan dan mengasyikan :-)


Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

INILAH SYARAT MENDAPATKAN NUPTK

Syarat Pengajuan NUPTK  (DL : Waktu tidak dibatasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut) *Baca bagian bawah dengan persyaratan ter-update tahun 2019

Persyaratan NUPTK biasanya bergantung pada LPMP. Tapi dalam sejatinya, pengajuan NUPTK ini akan berkaitan dengan beberapa instansi terkait untuk memverifikasi dan memvalidasi. Awalnya ke Dinas Pendidikan Provinsi Semarang lanjut ditunggu pemrosesan oleh LPMP. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan pengajuan NUPTK adalah:

Persiapkan berkas sesuai persyaratan, jika dahulu sebelum pada AWAL bulan September 2019 persyaratannya adalah
scan KTP asliscan Ijazah SD-S1+aktascan SPK 2018 dan 2019 (semester 1 & 2) scan SK Penugasan 2017/ 2018 & 2018/2019 (semester 1 & 2), 2019/2020 (semester 1) Dengan persyaratan no 3 dan 4 tersebut, halaman yang akan dikompres sangatlah banyak sekitar 37-40 halaman. Sehingga seluruh calon penerima NUPTK akan merasakan kesulitan saat mengompres berkas. Tapi tenang, kalian bisa menggunakan Ado…

INFORMASI PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019 (DL : 30 SEPT 2019-23 OKT 2019)

Informasi Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2019 (DL 30 Sept 2019-23 Okt 2019)
Informasi ini masih hangat dan terbaru. Pendaftaran akan dimulai tanggal 30 September 2019 ini. Maka siapkan dirimu untk mendaftar dalam program ini. Program ini diberlakukan untuk seluruh guru GTY, guru NON PNS ataupun PNS dan diperkenankan untuk :

Beberapakategori peserta sebagai berikut: Belum pernah mengikuti seleksi PPGTelah mengikuti seleksi PPG akan tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditentukan kemeristekdiktiTelah mengikuti seleksi namun mengalami perubahan Pilihan Bidang Studi PPGSelain persyaratan diatas, pastikan bahwa calon peserta : berstatus PNS/Non PNS/GTYterdaftar dalam Dapodikmemiliki SIM PKBmemiliki NUPTK, diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Des 2015, memiliki linieritas dengan ijazah, usia setingi-tingginya 57 tahun dihitung 31 Desember 2019 dan sehat jasmani rohani.Apa yang harus dipersiapkan: Calon Peserta PPG menyiapkan scan ijazah asli S1/DIVSK 2 tahun berturut-turut …