Skip to main content

Ramuan Rempah ala Eyang untuk Obat Kurap

Ngomong-ngomong soal jamur. Sebenarnya enak banget kalo dimakan dan dimasak menggunakan lombok ijo tapi kalo jamur yang ini kalo bisa jangan dikonsumsi apalagi dekat-dekat. Jamur apa ya kira-kira? Jamur yang nempel di kulit namanya kurap.

Apa itu kurap? Kurap itu penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Dan jamurnya super bandel. Pernahkah bunda mendapati putra putrinya terkena penyakit kulit kurap? Tinea istilah medisnya (red: Loang dalam bahasa Jawa) dikarenakan oleh jamur dan ternyata menimbulkan kerisauan pada semua orang terutama untuk para orang tua yang kedapatan anaknya terkena penyakit kulit ini. Anaku yang kecil dan tengah kedapatan terkena penyakit kulit ini, sedih? iya pake banget karena posisinya ada di wajah dan khawatir jika mamahnya dikiranya tidak bisa merawat mereka. Heu Heu..

Seputar kurap, kurap ini ciri-cirinya yakni berwarna merah seperti bengkak dan berbentuk cincin. Rasanya sangat gatal dan sedikit panas. Mungkin awalnya hanyalah benjolan kecil merah seperti digigit nyamuk akan tetapi ternyata menyebar dan menular. Menyebar jika terus digaruk dan tangannya tidak segera cuci dan menyentuh bagian kulit yang lain. Menular jika ada kontak tangan dengan penderita atau dengan menggunakan handuk secara bersamaan.

Hati-hati penggunaan salep untuk penyembuhannya ya. Saat itu, saya menggunakan 3 salep untuk mencoba penyembuhan kurap tersebut. Pada awal mulanya, saya mendapatkan salep Betametason dari Puskesmas terdekat. Ternyata setelah saya terapkan, kurap tersebut seperti membandel jamurnya artinya kurap tersebut semakin meringis dan kebal dengan betametason ini. Akhirnya saya ganti menggunakan saran dari kakak yakni gentamicin (Rp.4000,-), untuk adik ada perubahan agak menipis tapi untuk kakak sama aja semakin membandel. Terakhir, saya menggunakan salep Miconazole (Rp.4000,-) berkat googling kesana kemari. Hasilnya lumayan benar-benar menipis dan mulai pudar.

Penyembuhan kurap melalui salep ini memang harus konsisten dan telaten dikarenakan jamur yang nempel bener-bener kaya prangko. Selama penyembuhan menggunakan Miconazole, saya terapkan sehari 4x dan dipakaikan tipis-tipis menggunakan cutton bud. Akan tetapi luka tersebut masih saja sulit menghilang sehingga oleh eyang kakung dibuatkan tumbukan rempah-rempah.

Rempah-rempah ini terdiri dari : Kunir bagian paling keras, Apu (enjet atau kapur) dan minyak zaitun. Semuanya ditumbuk menjadi satu sampai bentuknya mirip dengan bumbu rendang, hehe. Lalu kemudian dipanaskan untuk membuatnya tidak begitu menggumpal. Baru bisa diterapkan pada kurap tersebut. Alhamdulillah saat malam hari saya oleskan, paginya kurap tersebut sudah benar-benar hilang dan memudar tingga masa penyembuhan secara kontinue untuk mengembalikan kulit wajah anak saya seperti biasa. Setelah itu, saya terapkan cream c**sons atau juga bisa menggunakan cream J**nson untuk mengembalikan PH kulit.

Akhir cerita, kita musti siap untuk semangat penyembuhan penyakit kulit ini, jaga kulit anak dengan baik, selalu mengeringkan dahi yang terkena keringat dan selalu jaga kondisi baju anak tetap kering.


Comments

  1. oo... begitu. baru tahu saya. terimakasih ya sudah berbagi info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak.. Lukanya cukup lama penyembuhan dan pemulihannya. Luar biasa jamur kulitnya bandel banget. Sama-sama ya.. :)

      Delete
  2. Syukurlah akhirnya sembuh juga ya, bisa was-was kalo kena kurap, apalagi posisi di wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mak.. tinggal bekas-bekas tipisnya aja ini mak yang harus ditlateni lagi.. bandel pisan jamurnya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

Review Cream SARI Whitening

Actually, kulitku berwarna coklat sawo matang. Nggak tahu kalau sawo mentah bagaimana. Yang pasti kalau sedang mengisi identitas pasti tulisannya pilihannya ya sawo matang, putih, hitam atau apalah yang lainnya.

Bersyukur dengan segala yang diberikan Allah SWT dengan warna kulit ini, dengan keadaanku sekarang, semuanya. Alhamdulillah wa syukurillah. Jika melihat judul dari artikel ini pasti kalian akan mengira bahwa ah katanya bersyukur kok nge-review cream whitening, berarti ingin putih dong. Nggak mensyukuri tuh. Eits, jangan salah, dengan ini juga salah satu bentuk menjaga kesyukuran (*ngeles). Sebenarnya dari awal nggak tertarik dengan memutihkan atau yang lainnya.Akan tetapi saya sadar kini telah bersuami dan memiliki anak yang lucu-lucu. makin lama makin tua, pasti kualitas kulit kita akan berkerut dengan sendirinya. Paling tidak saya menjaga kebersihan dengan membuat kulit tetap cerah dan terjaga. Itupun untuk menyenangkan suami (*pasti dibilang ngeles lagi) eh ini penulisnya …

Review Bedak Saripohatji Herbal Nan Alami

Wajah putih, mulus dan bebas jerawat. Siapa sih yang nggak mau? Cowo aja mau apalagi cewe. Tapi ya nggak wajahnya aja yang putih kali ya tapi badannya berkulit hitam. Kayak jenang jamuran dong,hehe.

Berbicara soal wajah. Nggak sedikit wanita sudah pasti mendambakannya, termasuk yang nulis en yang lagi baca. Wajah nggak akan jauh-jauh dengan yang namanya bedak, facial, masker, dan kawan-kawannya.

Ini nih, saya punya rekomendasi bedak dingin yang oke banget namanya Bedak Saripohatji. Tapi sebelum berbicara tentang bedak ini, saya mau cerita saat dulu waktu SMA. Saat SMA, wajah saya dipenuhi dengan bintang kejora. maklum rutinitas sebagai Girl Scouts yang tomboy dan nggak peduli dengan alam adam sekitar membuat wajah saya menjadi sedikit bernoda dengan bintang-bintang (red: jerawat). Mbayanginnya jangan berlebihan ya, nggak banyak banget kok cuma ada segitu aja kok. Ngeles, hehe.


Akhirnya saya pun dapat saran pinjeman (duh nggak banget ya, nggak modal), bukan nggak modal tapi memang bin…