Skip to main content

Gali Rasa Ingin Tahu Anak Lebih Dalam

Sesuai dengan judul postingan ini. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata "Rasa Ingin Tahu" ya begitulah anak-anak, namanya juga anak-anak seperti kertas putih yang bersih dan suci yang butuh bimbingan dan arahan dari orang tuanya yang baik. Yang perlu dioles dengan indahnya dengan banyak rasa keingintahuannya dari bertanya, dari mencari tahu penyebab akibat dari apa yang ia lihat.

Itu saja!

Mari kita refreshing dulu dari gambar-gambar berikut ini untuk mencari tahu keingintahuan anak dan kekreatifitasnnya meskipun tidak semua aktivitas yang ia lakukan.

Didelete sayang.. Dibuang sayang.. 

Tapi memang benar sungguh sayang jika dibuang atau didelete jadi kita koleksi saja yuk sebagai kenang-kenangan. Sebenarnya apa sih maksudnya? Apa yang sayang dibuang dan didelete?

Jadi gini lho.. Alfath itu suka banget yang namanya jeprat jepret foto pake camdig mamahnya apapun itu, dia suka atau dia ingin jepret pasti dijeprett dan terkadang minta tolong mamahnya untuk minta dijepretin meski kalo bergaya pasti tidak pernah mau yang namanya action bak model catwalk, hehehe.

Oke, teknik jepretan kali ini tidak ada sama sekali, hanya dia lebih fokus kepada hal yang ia suka dan menarik. Gambar-gambar ini bertujuan untuk mengetahui kecintaan atau kebiasaan yang anak kita lakukan, meski bebera[a aktivitas saja karena kalau ditampilkan semua akan panjang halaman ini. Oke here we go... Just check this out yeah!

HASIL JEPRETAN ALFATH

My trucks

My trucks

My car

Terjatuh dari sepeda



(PENASARAN) MINTA DIFOTO 
"Mah, potoin dong mulut Alpa (Alfath),"pinta Alfath. Dia penasaran dengan apa yang ada di dalam mulutnya, ada gigi, langit-langit, lidah, dll. Dalam benaknya mungkin dia berpikir kenapa dia bisa makan, minum, mengecap rasa,  menggigit, mengunyah kok dari mulut.
black teeth


My mouth

My tongue

Dari ulasan diatas, kita tahu bahwa anak itu unik. Mereka memiliki keunikan yang tidak akan terulang lagi. Uniknya tidak terhingga, dari lucu dan gemasnya disetiap perkemangan usianya. Rasa ingin tahunya, kenakalannya, kecengengannya, dsb.

Jika kita tahu anak memang suka ingin tahu bahkan lebih besar dari kita. Sampai-sampai semua ditanyakan. Ini untuk apa? Ini apa? kenapa warnanya merah? Kenapa bulan itu bulat? dan bahkan ada beberapa pertanyaan yang terkadang kita tidak bisa menjawabnya karena belum cukup usia untuk menjelaskannya. Terkadang juga kita merasa capek untuk menjwab semua pertanyaannya dan bahkan kesal atau marah karena kecerewetannya. Bersabarlah Mom.. Kita musti bangga dengan keceriaannya, dengan keingintahuannya, dengan kebandelannya. Dari sanalah ia berkembang dan tumbuh dengan baik dan pintar. Tergantung kita bagaimana mendidiknya dengan baik.

Berikut tantinium.blogspot.com memberikan sedikit strategi untuk menggali rasa ingin tahu anak lebih dalam agar tercapai keingin tahuan si anak dengan maksimal. God willing. Amin.

Strategi Pengembangan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini:
1. Buatlah program aktivitas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak
2. Menyediakan berbagai aktivitas untuk menarik perhatian anak dan meningkatkan kemandiriannya untuk membuat keputusan
3. Membantu dan membimbingnya saat mengalami kesulitan
4. Berikan kesempatan kepadanya untuk beraksi dalam program tersebut
5. Ciptakan rasa aman, tenteram dan nyaman
6. Berikan pengalaman menarik untuknya untuk menambah ilmu dari rasa ingin tahunya itu. Semisal ia ingin tahu sekali mengapa kita makan nasi. Ajaklah ia ke sawah. Terangkan kepadanya bahwa nasi berasal dari padi dan bagaimana pengolahannya yang pasti dengan bahasa anak ya Mom agar bahasanya mudah dicerna.

Semoga bermanfaat dan kita akan mendapatkan atmosfer yang baik dari rasa ingin tahu anak secara luar biasa. Salam untuk para jagoan dan putri dirumah. =)





Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

INILAH SYARAT MENDAPATKAN NUPTK

Syarat Pengajuan NUPTK  (DL : Waktu tidak dibatasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut) *Baca bagian bawah dengan persyaratan ter-update tahun 2019

Persyaratan NUPTK biasanya bergantung pada LPMP. Tapi dalam sejatinya, pengajuan NUPTK ini akan berkaitan dengan beberapa instansi terkait untuk memverifikasi dan memvalidasi. Awalnya ke Dinas Pendidikan Provinsi Semarang lanjut ditunggu pemrosesan oleh LPMP. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan pengajuan NUPTK adalah:

Persiapkan berkas sesuai persyaratan, jika dahulu sebelum pada AWAL bulan September 2019 persyaratannya adalah
scan KTP asliscan Ijazah SD-S1+aktascan SPK 2018 dan 2019 (semester 1 & 2) scan SK Penugasan 2017/ 2018 & 2018/2019 (semester 1 & 2), 2019/2020 (semester 1) Dengan persyaratan no 3 dan 4 tersebut, halaman yang akan dikompres sangatlah banyak sekitar 37-40 halaman. Sehingga seluruh calon penerima NUPTK akan merasakan kesulitan saat mengompres berkas. Tapi tenang, kalian bisa menggunakan Ado…

INFORMASI PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019 (DL : 30 SEPT 2019-23 OKT 2019)

Informasi Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2019 (DL 30 Sept 2019-23 Okt 2019)
Informasi ini masih hangat dan terbaru. Pendaftaran akan dimulai tanggal 30 September 2019 ini. Maka siapkan dirimu untk mendaftar dalam program ini. Program ini diberlakukan untuk seluruh guru GTY, guru NON PNS ataupun PNS dan diperkenankan untuk :

Beberapakategori peserta sebagai berikut: Belum pernah mengikuti seleksi PPGTelah mengikuti seleksi PPG akan tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditentukan kemeristekdiktiTelah mengikuti seleksi namun mengalami perubahan Pilihan Bidang Studi PPGSelain persyaratan diatas, pastikan bahwa calon peserta : berstatus PNS/Non PNS/GTYterdaftar dalam Dapodikmemiliki SIM PKBmemiliki NUPTK, diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Des 2015, memiliki linieritas dengan ijazah, usia setingi-tingginya 57 tahun dihitung 31 Desember 2019 dan sehat jasmani rohani.Apa yang harus dipersiapkan: Calon Peserta PPG menyiapkan scan ijazah asli S1/DIVSK 2 tahun berturut-turut …