Skip to main content

Obat Anti TB GRATIS Program Pemerintah Membantu Pasien Kalangan Menengah Kebawah

Surat Keputusan Nomor 1190/Menkes/SK/2004tentang Pemberian Gratis Obat Anti Tuberkulosis (OAT) dan Obat Anti Retro Viral (ARV) untuk HIV/AIDS. 

Kesehatan sungguhlah mahal. Tidak dipungkiri dari sebuah pepatah bahwa "Sehat itu mahal". Hal itu memang benar adanaya, tidak lain karena obat-obatan yang relatif mahal diraih apalagi untuk pasien kalangan menengah kebawah. Terlebih untuk penyakit Tuberkulosis biasa dikenal dengan sebutan TB / TBC, penyakit ini memiliki gejala jika batuk berdahak lebih dari 2 minggu bahkan hingga mengeluarkan darah hingga kondisi badan menurun, drop drastis, demam dan merasakan sakit pada bagian dada maka segeralah ke puskesmas-atau rumah sakit pemerintah terdekat.

Pernahkah kamu menjumpai atau bahkan secara langsung menangani pasien TB (Tuberkulosis)? Apa yang kamu lakukan selanjutnya jika saat itu pasien TB mengeluh soal biaya pengobatan kesehatannya yang tak kunjung habisnya? Tidak akan pernah habis cerita jika ujung-ujungnya adalah uang bukan? Dimana familiarnya obat hingga membuat harganya relatif mahal. Sudah terlihat jelas dari Surat Keputusan Pemerintah yang saya kutip diatas bahwa Pemberian Gratis Obat Anti Tuberkulosis itu gratis. Sekali lagi ya GRATIS!

Pasien TB tinggal mendatangi Puskesmas-Puskesmas atau rumah sakit terdekat karena kini telah tersedia Obat Anti TB gratis serta panduan dan tata cara pemakaiannya. Obat tersebut memiliki mutu tinggi dan sangat efektif untuk menyembuhkan TB. Hal ini akan menjadi kabar gembira terlebih untuk pasien TB dari kalangan menengah kebawah. Kesuksesan program Anti TB (Tuberkulosis) di Indonesia yang mendapat apresiasi dari dunia internasional ini, tentu merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas seluruh jajaran kesehatan di Indonesia. Demi mewujudkan kesehatan para warga Indonesia terbebas dari Tuberkulosis.

Merupakan kabar gembira bagi seluruh warga Indonesia terlebih untuk pasien TB dimana mereka yang berkebutuhan dengan obat Anti TB ini, pemerintah Indonesia memberikan obat secara gratis. Pemerintah Indonesia sebagai pemerintah yang berdaulat dan sistem pemerintahan demokratif. Secara lugas bahwa tiap-tiap warga negaranya akan selalu disejahterakan dan dimajukan. Nah, dengan program obat Anti TB gratis ini saja Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan sudah termasuk memberikan dampak positif dan peduli terhadap bangsa Indonesia khususnya pasien TB. Hal ini merupakan program membanggakan bagi Pemerintah Indonesia via Kementerian Kesehatan.

Jika ada yang gratis kenapa harus cari yang bayar? Toh obat gratis dari pemerintah ini juga masuk dalam kategori amat baik dan bagus kualitasnya. Selain Obat Anti TB gratis, pasien TB akan dilayani oleh para tenaga-tenaga kesehatan yang handal, tlaten, terlatih dan terpercaya. Obat-obatnya pun higienis, bersih dan steril.

Bagaimana tidak, coba kita lihat pengawasan mutu obat Anti TB ini hingga berhasil disebar dengan baik ke seluruh tingkat Unit pelayanan kesehatan, dikutip dari LINK ini:
1. Pemantauan mutu Obat Anti TB gratis ini dilakukan menjadi dua tahapan yakni melalui fisik dilakukan oleh petugas dan melalui uji laboratorium dilaksanakan oleh BPOM.
2. Tindak lanjut dapat berupa: Obat Anti TB gratis tersebut rusak maka akan ditarik dari peredaran dan dilakukan re-call, dilakukan sesuai kontrak, dan dimusnahkan.

Setelah membaca dua hal pengawasan mutu Obat Anti TB gratis diatas, apa yang anda pikirkan? Betapa ketatnya pemantauan mutu Obat Anti TB gratis ini kan? Meski ia gratis tapi mutu tetap terjaga dan terjamin. Pasien TB tidak usah ragu dan khawatir karena penyakit Tuberkulosis yang diderita akan sembuh tanpa adanya keluhan biaya pengobatan karena obat yang akan diberikan dari pemerintah itu gratis. Jadi para pasien TB tinggal mendatangi puskesmas atau rumah sakit pemerintah terdekat untuk mendapatkan info bagaimana cara mendapatkan obat Anti TB tersebut secara gratis. Jagalah dan sayangilah kesehatan kita sebelum Anda mengatakan bahwa "Sehat itu mahal".

Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat sejahtera untuk semua.



 Referensi: http://www.tbindonesia.or.id/2012/03/22/obat/
Gambar : Dokumen pribadi

 Tulisan ini diikutkan dalam acara kompetisi blogger "Temukan dan Sembuhkan Pasien TB" 2014 serial kedua.

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

INILAH SYARAT MENDAPATKAN NUPTK

Syarat Pengajuan NUPTK  (DL : Waktu tidak dibatasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut) *Baca bagian bawah dengan persyaratan ter-update tahun 2019

Persyaratan NUPTK biasanya bergantung pada LPMP. Tapi dalam sejatinya, pengajuan NUPTK ini akan berkaitan dengan beberapa instansi terkait untuk memverifikasi dan memvalidasi. Awalnya ke Dinas Pendidikan Provinsi Semarang lanjut ditunggu pemrosesan oleh LPMP. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan pengajuan NUPTK adalah:

Persiapkan berkas sesuai persyaratan, jika dahulu sebelum pada AWAL bulan September 2019 persyaratannya adalah
scan KTP asliscan Ijazah SD-S1+aktascan SPK 2018 dan 2019 (semester 1 & 2) scan SK Penugasan 2017/ 2018 & 2018/2019 (semester 1 & 2), 2019/2020 (semester 1) Dengan persyaratan no 3 dan 4 tersebut, halaman yang akan dikompres sangatlah banyak sekitar 37-40 halaman. Sehingga seluruh calon penerima NUPTK akan merasakan kesulitan saat mengompres berkas. Tapi tenang, kalian bisa menggunakan Ado…

INFORMASI PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019 (DL : 30 SEPT 2019-23 OKT 2019)

Informasi Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2019 (DL 30 Sept 2019-23 Okt 2019)
Informasi ini masih hangat dan terbaru. Pendaftaran akan dimulai tanggal 30 September 2019 ini. Maka siapkan dirimu untk mendaftar dalam program ini. Program ini diberlakukan untuk seluruh guru GTY, guru NON PNS ataupun PNS dan diperkenankan untuk :

Beberapakategori peserta sebagai berikut: Belum pernah mengikuti seleksi PPGTelah mengikuti seleksi PPG akan tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditentukan kemeristekdiktiTelah mengikuti seleksi namun mengalami perubahan Pilihan Bidang Studi PPGSelain persyaratan diatas, pastikan bahwa calon peserta : berstatus PNS/Non PNS/GTYterdaftar dalam Dapodikmemiliki SIM PKBmemiliki NUPTK, diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Des 2015, memiliki linieritas dengan ijazah, usia setingi-tingginya 57 tahun dihitung 31 Desember 2019 dan sehat jasmani rohani.Apa yang harus dipersiapkan: Calon Peserta PPG menyiapkan scan ijazah asli S1/DIVSK 2 tahun berturut-turut …