Darimana Datangnya Rejeki Ibuku?

Sebagai wanita yang telah memiliki anak. Pasti bangga dan bahagia karena memiliki garis keturunan untuk cerita dimasa depan. Dan itu baru a...

Sebagai wanita yang telah memiliki anak. Pasti bangga dan bahagia karena memiliki garis keturunan untuk cerita dimasa depan. Dan itu baru aku sadari sejak memiliki anak pertama. Pastilah dialami juga oleh Ibuku tercinta diusianya yang kini tak muda lagi yakni 65 tahun. Meski usia tak muda lagi tapi piawai dan ketegapan badannya selalu sigap dan aura wajahnya yang selalu memancarkan cahaya keindahan.

Lebih disadari lagi olehku dengan bertambahnya anak yang kedua. Dengan jarak yang berdekatan dan mereka berdua selalu ingin menjadi anak yang selalu disamakan atau kembar. Bukan main repotnya mengurusi mereka. Belum lagi jika mereka sudah mulai bertengkar, salah satu diantara mereka sakit, atau memperebutkan satu benda yang tidak sama. Dikarenakan aku tidak memakai jasa asisten rumah tangga. Uhh rasanya sudah ingin do not to hear and keep silent saja mendengarkan tangisan dan ocehan mereka. Tapi mana ada seorang Ibu yang tega membiarkan anaknya bertikai dalam hal sepele padahal itu bisa dileraikan.

Terbayang sudah entah bagaimana Ibuku menghadapi kelima anaknya yang memiliki jarak berdekatan juga. Bapak dan Ibuku adalah seorang pensiunan guru. Bapak guru SMP dan Ibu guru SD. Jangan dibayangkan bagaimana rasanya mereka Beliau sambil bekerja sebagai guru harus pintar-pintar mengatur waktu dan mencari sebongkah Berlian untuk memberikan satu demi satu suap nasi kepada anak-anaknya. Mereka pontang panting dengan gaji PNS jaman dahulu yang tak seberapa seperti jaman ini. Bayangkan! Lima anak dibiayai dengan hasil gaji yang terkadang tak membentuk angka plus tapi minus karena SK sudah disekolahkan untuk membiayai pendidikan dan kebutuhan kami. 

Saat itu aku memang masih kecil dan tak menyadari apa yang telah dipikirkan Ibu. Ibu pernah berjualan es lilin dan sembako di warung kecil-kecilan miliknya didepan sekolah Bapak. Ramai dan tidaknya pembeli itu adalah urusan rezeki Sang Illahi. Tapi memang Allah memberikan yang terbaik untuk mereka dengan rezeki yang luar biasa dari setiap warga sekitar yang berkunjung untuk membeli di warung Ibu, dari setiap jam istirahat anak-anak sekolah dan dari kegigihan Bapak pula yang tiap malam setelah sholat isya jam 19.00 WIB sampai tengah malam membungkus es lilin dengan rasa teh, rasa buah-buahan dari pasta makanan dan terkadang dari buah mangga asli. Dan itu dilakukannya tiap hari karena Ia membuat sekitar tiga sampai empat baskom besar. Sehingga menghasilkan empat sampai lima termos. Dimana saat itu hanya dihargai Rp. 50,- (Lima Puluh Rupiah). Ingat tidak? Jaman itu kita bisa beli permen Rp. 50,- mendapatkan 2 biji saja.

Kami berlima hidup dari kegigihan orang tua yang tegar dan bijaksana seperti mereka. Aku bangga. Bangga memiliki mereka. Teringat pula rasa keadilan yang selalu diterapkan yakni kasih sayang Ibu tidak ada habisnya untuk kami meski kami telah berkeluarga. Keadilan saat dahulu Ibu pernah mendapatkan rejeki banyak sehingga dapat membelikan kami sate ayam 3 porsi (30 tusuk) dibagi 7 orang (termasuk Bapak dan Ibu) sehingga kami harus mengambil 4 tusuk saja tiap anak. Tak boleh lebih kecuali aku si bungsu yang selalu merengek ingin lebih sehingga lebihnya 2 tusuk itu pun masuk kedalam perutku. Tak hanya itu, aku pun selalu membuat kesal seisi rumah karena manja tak mau satenya sedikit dan akupun mendapatkan porsi lebih dari bagian Ibuku. Trenyuh rasanya mengingat-ingat masa itu. Ingin sekali curhat bersama Ibu, mengulang kembali cerita itu tapi hati ini terasa malu untuk menutupi eajah sendiri. Betapa ikhlasnya Ia dengan semua keadaan dan tingkah kekanak-kanakanku, kecengenganku dan kenakalanku. 

Ibu juga selalu menyanyikan lagu kesayangan sebelum aku tidur. Lagu ini membuatku makin sedih dan rindu dengan nina bobonya tiap malamku. Ingin rasanya setelah seharian lelah mengurus anak-anak, akupun ingin di lelo-lelo oleh Ibu meski via telepon. Tapi malu rasanya, malu mengingat jaman dulu aku seperti anak yang tak tahu keadaan, Ingin selalu ini itu dan itu.

tak lelo, lelo lelo ledung, 
cep menengo ojo pijer nangis, 
 anakku sing ayu [bagus] rupane,
 yen nangis, ndak ilang ayune [baguse] tak gadang bisa urip mulya,
 dadia wanita [pria] utama ngluhurke asmane wong tua, 
dadia pendekaring bangsa wis cep menga anakku, 
kae wulane ndadari kayo butho nggegilani, 
lagi nggoleki cah nangis tak lelo lelo ledo ledung, 
cep menego anakku cah ayu [bagus] tak emban slendang bathik kawung yen nangis mundak ibu bingung… kurang lebih terjemahan versi bahasa Indonesia seperti ini… 
 tak lelo, lelo lelo ledung, 
sudahlah jangan menangis anakku, anakku yang cantik [bagus] rupanya,
kalau menangis hilang cantiknya [bagusnya] kelak nanti bisa hidup mulia, 
jadilah wanita [pria] utama mengharumkan nama orang tua, 
jadilah pendekar bangsa sudahlah jangan menangis anakku, 
lihatlah rembulan bersinar terang seperti (mata) raksasa yang mengerikan, 
sedang mencari anak yang menangis tak lelo lelo ledo ledung, 
sudahlah jangan menangis bocah ayu [bagus] digendong dengan kain bathik kawung kalau menangis nanti ibu bingung…

Mendengar lagu ini ingin sekali rasanya kembali ke masa lalu. Mengenang tidur bersama Ibu dengan kasih sayang dan pelukan mesranya. Hangat dan manja.

Setelah kakak-kakakku beranjak lulus kuliah dari universitasnya, mereka bergantian membantu Ibu untuk membiayai adik-adiknya yang masih harus meneruskan sekolah. Tidak penuh ditanggung tapi kakakku hanya inisiatif ikut menyumbang untuk kami yang masih bersekolah. Beruntung memiliki kakak-kakak yang baik hati dan pengertian, Ibu pun merasa puas dengan keberhasilan kakak-kakakku.

Kami berinisiatif untuk dapat mewujudkan impian Bapak Ibu untuk pergi haji tapi tak disangka, mereka telah menabung 10 tahun lamanya dengan uang hasil usaha kecil-kecilan mereka dan gaji guru PNS yang waktu dulu tak seberapa itu padahal mereka juga membiayai kami. Alhamdulillah sudah terlaksana di akhir tahun 2012.

Lalu kini berinisiatif kembali untuk iuran umrah, tapi hal itu belum terlaksana karena kebutuhan kamipun mendesak, Sehingga yang kami bisa dulu, membelikan mesin cuci digital. Dikarenakan Ibu lebih suka mencuci dengan tangan dan seringkali hanya mengundang asisten rumah tangga untuk mencuci 1 minggu sekali. Terkecuali jika kami semua berkumpul. Karena mereka sekarang berduaan lagi dirumah. Seperti disaat kami belum lahir didunia ini dan kini mereka kesepian dirumah tanpa kami. Tapi beruntung keponakanku seringkali mampir main untuk menghibur kakek neneknya.

Diakhir tahun ini, aku berniat mudik sekaligus untuk meminta berencana melakukan persalinan anak ketiga dikampung halaman, Sehingga aku bisa menemani mereka lebih lama dirumah. Tapi ternyata di bulan Januari mereka akan berangkat umrah. Subhanallah, aku mendengar itu adalah bonus dari hasil jerih payah mencari 10 orang untuk dapat pergi ke Baitullah. Karena aku tahu jiwa usaha yang telah dipupuk oleh Ibu juga mengalir didarah kami. Sehingga akupun suka beriwirausaha meski hanya via online. Tak hanya itu, Ibu yang hanya memiliki 1 saudara kandung yang lama telah tiada, berencana ingin mengunjungi anak-anak kakaknya itu di Jambi. Selama satu bulan, jika tidak berganti waktu akan berangkat bulan Januari.

Ya Allah Bu, engkau sungguh luar biasa Bu, sudah banyak keringat yang engkau keluarkan tapi sungguh ini adalah keajaiban dari rezeki Allah. Dimana engkau selalu memberikan petuah kepada kami "jangan lupa sedekahkanlah sebagian hartamu, meski itu hanya satu nasi saja". Inilah Bu, hasil dari kebenaran ucapanmu, rejekimu luar biasa. Ingin sekali kami menerapkan segala apa yang telah engkau beri kepada anak-anak kami Bu. Kami ingin mewujudkan impian Ibu, tapi ternyata Ibu telah mendapatkan rezeki itu lebih dari luar biasa hebatnya.

Dalam kesempatan kali ini, tulisan ini saya dedikasikan untuk Ibu yang luar biasa yang telah mengalami keletihan bertahun-tahun untuk dapat mengandung, merawat, mendidik dan membesarkanku dan kakak-kakakku dengan baik,  Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba menulis sayembara Blog dari jauhdekat.com. Dengan impian bisa memberikan tiket pesawat, akomodasi, transportasi, tiket wisata dan lain-lain untuk perjalanan ke Sumatra esok. Sehingga Ibu dan bapak tak usah pusing-pusing jalan via jalur darat yang dapat menghabiskan waktu berhari-hari lamanya. Karena kami sadar, kalian sudah tua tapi semangat silaturahmimu ingin selalu dilihatkan ke kami bahwa "silaturahmi adalah obat umur panjang" sungguh ingin kami tauladani. Semoga impianku ini dapat membahagiakanmu meski tak seberapa ini. Demi mewujudkan impian kakak-kakakku juga yang dulu kami berencana menabung iuran untuk umrah tapi tak disangka kalian telah mendapatkan bonus dari jerih payah kalian sendiri.

Akupun tak lupa berterima kasih kepada penggagas lomba ini karena dari jauhdekat.com lah, aku bisa mencurahkan kerinduan dan masa-masa indah saat kecil bersama Ibu mengigat petuah-petuah saktinya pula. Tak hanya itu, jauhdekat.com juga telah mewujudkan banyak impian para pelanggan untuk naik pesawat dengan promo-promo menarik yang ditawarkan.

Akhir kata untukmu Bu tapi buka berarti akhir dari kasih sayang anakmu ini. Bahwa kata pepatah "Kasih sayang Ibu sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah". Kalau aku tidak Bu, kasih sayangku sepanjang masa untukmu seperti kasih sayangmu kepadaku.

Ibu, tak ada yang dapat menggantikan sosok wanita terbaik dihatiku,
Ibu, kau adalah inspirasi dan tauladanku,
Ibu, kau tidak hanya cantik wajah tapi juga cantik hatimu,
Ibu, senantiasa cinta dan kasih selalu untukmu.

InsyaAllah, Allah akan selalu memberikan kesehatan, umur yang panjang, barokah dan rejeki yang lancar. Begitu pula dengan Bapak.

I love U all.
by tantinium

COMMENTS

Name

#Ingat Lingkungan,1,#PeduliLingkungan,1,55 soal latihan simple present tense,1,55 soal latihan simple routine task,1,683mdpl,1,air apakah air kolam renang walik itu,1,ajarkan anak cinta lingkungan,1,akibat memutus silaturahmi,1,alamat bukit asmara situk banjarnegara,1,alamat kampus jogjakarta,1,alamat river tubing limbasari,1,alur bagan pengajuan nuptk,1,ambil uang western union di bank,1,ambil uang western union di indomaret,1,ambil uang western union di kantor pos,1,amunisi menjalani new normal,1,anak lemas,1,anak siap lepas asi berapa tahun,1,animals,1,antara wabah dan idul fitri,1,anting bayi,1,anting bayi yang baik untuk anak,1,anus bayi merah,1,anus bayi perih,1,apa beda ain't gonna gotta wanna,1,apa itu ain't,1,apa itu bogar,1,apa itu diet,1,apa itu gonna' apa itu gotta' apa itu wanna,1,apa itu penyakit ain,1,apa itu slang,1,apa itu VCT,1,Apakah TBC bisa disembuhkan?,1,artikel blog keren,1,asking for and giving the direction,2,atur program belajar anak,1,ayam bakar jos,1,bagaimana cara mengajukan nuptk,1,bagaimana cara mengayuh sepeda,1,bagaimana cara menghentikan anak menangis,1,bagaimana kompres data,1,bagaimana menjadi Ibu yang baik,1,bagi-bagi pulsa gratis 2014,1,bahasa tertawa dalam chatting,1,bahaya iri dengki,1,bahaya penyakit hati,1,batu ratapn angin,1,Beauty,2,bedak dingin manjur,1,bedak herbal,1,bedak saripohatji,1,belajar berhitung dari buku,1,belajar gratis,1,Belajar mengelola room webex,1,belajar online bahasa inggris smk,1,belajar slang bahasa inggris,1,belajar tenses,1,benih agromulya,1,benih sayur,1,berhadiah pulsa gratis 2014,1,berita kecantikan,1,berkebun sayur,1,bibir kering pakai lipstik tato monomola,1,bijak tanggap berita hoaxx,1,bike tracking,1,bingkisan untuk guru,1,BJ habibie meninggal dunia,1,blog sepi,1,blogdetik,1,blogger peduli kesehatan,1,blogger sayang Ibu,1,bogar itu seperti apa,1,botania garden karangcengis,1,buah,1,bukit asmara situ banjarnegara,1,bukit sikunir dieng,1,candi arjuna,1,canva,1,cara dewi hughes langsing,1,cara diet kenyang,1,cara diet sehat,1,cara jadi reseller benih agromulya,1,cara lepas dari roda bantu,1,cara melatih motorik anak,1,cara membuat denah,1,cara membuat mie genikara ramen,1,cara membuat oralit,1,cara memisahkan anak dengan gadget,1,cara mengajukan nuptk,1,cara mengambil uang western union,1,cara mengatasi dehidrasi,1,cara mengatasi insecure,1,cara mengatasi semut yang bersarang di mobil dan motor,1,cara mengelola pikiran,1,cara menggali rasa ingin tahu anak,1,cara menghilangkan rasa malas,1,cara menghilangkan semut dimobil dan motor,1,cara mengisi waktu luang dengan anak,2,cara menyapih,1,cerita bunda,5,cerita lucu dengan lagu,1,cerita memakai cream sari,1,cerita menyapih anak,1,cerita pakai saripohatji,1,cerita pengalaman memakai anting bayi,1,ciri-ciri pasien covid-19,1,contoh kalimat simple present tense,1,cream,1,cream sari aman untuk ibu hamil,1,cream sari ber bpom,1,curhat bunda,1,daftar nama kampus di jogja,1,daftar nama perguruan tinggi di jogja,1,data kosmetika berbahaya,1,DEEP LEARNING,8,deeplearning,11,degrees of comparison,1,dehidrasi pada anak,1,demi masa,1,describing occupations,1,dewi hughes langsing,1,diet hypnotherapy,1,diet kenyang,1,diet sehat,1,diet spiritual,1,Disiplin kunci sembuh dari TB,1,dunia anak,4,EASYENGLISH,15,fenomena bahasa tertawa,1,FILE PDF INFO PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019,1,fkyer unik,1,gejala dehidrasi,1,go green,1,gratis,1,guna kumpul teman lama,1,hadiah ulang tahun istri,1,halaman penuh sayur,1,harga cream sari,1,health,2,hikmah belajar dirumah,1,hikmah revolusi industri 4.0,1,hikmah wabah,1,ikan bakar di Klampok,1,Ikan bakar enak,1,insecure,1,inspirasi nulis blog,1,INSPIRING,22,INSPIRING STORY,2,introducing myself,1,jalan menuju kalibiru,1,jauhdekat.com,1,jenis wisata dieng,1,jogja kampusnya apa saja,1,jual benih sayur,1,jual cream sari,1,jual paket benih,1,jual saripohatji,1,jurnal syukur tahun baru,1,kado untuk guru,1,kalibiru kulonprogo,1,kalibiru yogyakarta,1,kata mutiara,1,kawah sikidang,1,kejutan ulang tahun,1,kekuatan Ibu,1,kelucuan anak,1,KEMDIKBUD,2,kemendikbud,1,kenapa anaku menangis,1,kenapa jauh-jauhan,1,kenapa LDR,1,kenapa siswa libur,1,keraton jogjakarta,1,kesehatan,1,keseruan tubing,1,ketrampilan pada anak,2,keuntungan VCT,1,keutamaan silaturahmi,1,khas dieng,1,KIDS ZONE,10,kisah nyata pasien covid-19,1,kolam renang walik purbalingga,1,kosmetik,1,kosmetika berbahaya,1,kosmetika bpom,1,kuliah di jogja,1,kuliner,2,kurap di wajah,1,laboratorium maya,1,lagu nina bobo,1,latihan dasar MC untuk pemula,1,latihan soal asking for and giving the direction,1,latihan soal simple routine task,1,lebaran 2020. selamat idul fitri,1,libur sekolah diperpanjang lagi,1,lingkungan,1,link belajar online,1,loang pada anak,1,Lomba,1,lomba menulis,2,lomba menulis desember 2014,1,lomba menulis terbaru 2014,1,lomba review,1,macam-macam dehidrasi,1,makan lesehan di klampok banjarnegara,1,makna gaya tertawa,1,makna surat al ashr,1,malas,1,males,1,mandi parfum,1,manfaat menggunting,1,manfaat pelukan,1,manfaat saripohatji,1,manfaat silaturahmi,1,masker herbal,1,materi asking for and giving the direction,1,materi simple routine task,3,membuat deskripsi denah dalam bahasa inggris,1,membuat flyer,3,menanan media polybag,1,mengapa anak harus dipeluk,1,mengapa room webex tidak keluar suara,1,mengapa tanda silang pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,mengatasi insecure,1,mengelola room webex,1,menjawab rasa ingin tahu anak,1,menulis dapat pulsa gratis 2014,1,menyapih adalah,1,mercury,1,microsoft word,1,mini video,1,narrative text,1,nasehat,1,new normal,1,new normal akan berlangsung,2,new normal saat pandemi,2,NUPTK,1,obat anti TB gratis,1,obat anus bayi perih,1,obat herbal kurap,1,obat jerawat,1,obat kurang manjur,1,obat TBC gratis,1,obat tradisional kurap,1,olah vokal MC,1,oleh-oleh dieng,1,opini,1,oralit,1,paket river tubing,1,parenting,5,pasangan LDR,1,pecinta sepeda,1,pelatihan offline VCT,1,pembelajaran online,1,PENDAFTARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,pengalaman ambil uang western union,1,pengalaman memiliki anak berdekatan usianya,1,pengawasan mutu obat anti TB,1,pengertian simpe present tense,1,penggunaan simple present tense,1,penginapan dieng,1,penyakit kurap pada anak,1,penyakit paling berbahaya,1,penyebab dehidrasi,1,permen pindy,1,permen pindy aman dikonsumsi,1,permen pindy susu enak,1,permen pindy tidak mengandung narkoba,1,persiapan tubing,1,pesan,1,pesan fenomenal eyang habibie,1,platform webex,1,pola simple present tense,1,portal pembelajaran kemdikbud,1,positif wabah 2020,1,PPG,1,PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,PPG UPDATE,1,presensi online,1,Prof Dr BJ Habibie,1,program belajar anak,1,program belajar efektif,1,prosedur pengajuan nuptk,1,proses menyapih,1,purbalingga,1,QR Code,1,rasa ingin tahu anak,1,reading strategies,1,recount text,1,rejeki Ibu,1,rekam layar,1,reseller benih sayur,1,REVIEW,9,review bogar karangcengis,1,Review buku,1,review buku anak,1,review cream sari,1,review kolam renang walik purbalingga,1,review kosmetik,2,review lipstik,1,review lipstik tato monomola,1,Review mie genikara ramen,1,review product,1,review produk,3,review river tubing,1,review saripohatji,1,river tubing limbasari,1,RUMAH BELAJAR,2,rumpit bike park,1,rumus present tense,1,rute perjalanan bukit asmara banjarnegara,1,rute river tubing limbasari,1,satu kalimat syukur,1,Save the earth,1,saya bersyukur akan,1,sayembara menulis,1,sayur sehat,1,scan berkas nuptk,1,school from home,1,SEAMEO,1,seameo seamolec,1,SEAMOLEC,1,sejarah keraton jogjakarta,1,selamat tahun baru bahasa jawa,1,semut membandel,1,seputar anak,1,serial kedua OAT gratis,1,sharing anak,2,sharing pengalaman VCT,1,siklus menyapih,1,silabus bahasa inggris simple routine task smk kelas x,1,silabus simple routine task,1,SIM PKB,1,simple routine task,4,slang,1,soal simple routine task,1,solusi belajar daring,1,solusi tanda silang merah pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,speech to text,1,Spot Foto gerbang UGM,1,strategi pengembangan anak usia dini,1,structure simple present tense,1,SURAT EDARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,susahnya menyapih,1,syarat pengajuan nuptk,1,syarat peserta VCT,1,syukur,1,tabel irreguler comparison,1,tanda silang pada pendaftaran seleksi ppg,1,tanda-tanda dehidrasi,1,tantinium,1,tanya kampus di jogja,1,target,1,TB bisa disembuhkan,1,TB indonesia,1,TB tidak bisa sembuh?,1,teks MC,1,temukan dan sembuhkan pasien TB,1,terlepas dari asi,1,tertawa dalam media sosial,1,testimoni cream sari,1,tiket masuk bukit asmara,1,tiket masuk kalibiru,1,tiket masuk kolam renang walik,1,Tips LDR,1,tips melatih bersepeda,1,Tips membasmi semut,1,tips naik bukit asmara,1,tips perjalanan wisata dieng,1,tips to read,1,titanic,1,tradisi menerima rapor,1,TRAVELLING,7,tubing di purbalingga,1,tujuan silaturahmi,1,UGM,1,vct batch 5,2,video bahasa inggris,1,video baper,1,video pembelajaran,1,video tentang MC,1,vitalis body wash,1,vitalis mandi parfum,1,webex cisco,1,wisata banjarnegara,1,wisata baru purbalingga,1,wisata petik buah di purbalingga,1,WWF,1,www.rumahbelajar.id,1,
ltr
item
TANTINIUM BLOG: Darimana Datangnya Rejeki Ibuku?
Darimana Datangnya Rejeki Ibuku?
TANTINIUM BLOG
https://www.tantinium.com/2014/12/darimana-datangnya-rejeki-ibuku.html
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/2014/12/darimana-datangnya-rejeki-ibuku.html
true
6026546146404148288
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content