Skip to main content

Mengapa Harus Ikut VCT?


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama SEAMEO ( Organisasi Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara) setelah sukses pelatihan Daring untuk guru-guru seluruh Indonesaia sejak Batch 1 sampai dengan batch 4 maka kini telah dibuka kesempatan pelatihan Virtual COOrdinating Training Batch 5. Peserta ditujukan untuk seluruh guru dari semua kalangan pendidikan dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, Perguruan tinggi, Dosen bahkan pemerhati pendidikan. Peserta akan dibekali materi dasar oleh setiap instruktur untuk melaksanakan kewajibantugas tiap peserta.

Dengan adanya program VCT tersebut diyakinkan para guru, dosen dan pemerhati pendidikan dapat mengarung era digital dengan mudah dan tidak ketinggalan dengan tuntutan jaman sekarang. Dimana era revolusi industri 4.0 membawa dampak dunia pendidikan. Sehingga pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam peningkatan kompetensi guru dan mengatasi belajar menagajar jarak jauh dimana para siswa prakerin tetap wajib mengikuti program belajar meski jarak jauh.


Tidak dapat dipungkiri bahwa guru adalah modal utama  para siswanya mendapatkan ilmu berkelanjutan dan garda terdepan dalam dunia pendidikan yang dituntut siap berubah dan beradaptasi. Diharapkan dengan adanya program VCT (Virtual Coordinating Training) ini seluruh peserta dapat menembus batas lintas tuntutan teknologi dengan menggunakan pelatihan Video Conference yang menggunakan sistem Webex by Cisco.

Program VCT Batch 5 ini tengah memasuki masa berakhir, dalam pelatihan yang ditempuh 1 bulan. Tiap peserta wajib melakukan tugas menajdi Presenter sebanyak 2 kali, Moderator sebanyak 2 kali, Host sebanyak 2 kali, Peserta sebanyak 6x. Mau lebih dari itu? boleh saja. Berikut yang dipelajari dalam pelatihan VCT ini:
  • Membuat presensi online bisa dengan menggunakan google form dan atau zoho form.
  • Teknik menulis kegiatan narasi yang menarik (diterbangkan saat Bapak Ibu hebat sekalian menerbangkan flyer)
  • Mampu mengkreasi dan mengelola room webex dengan baik.
  • Perekaman kegiatan online disarankan dengan aplikasi FastStone Capture atau boleh juga dengan aplikasi lainnya
  • Meng-upload hasil video ke Youtube
  • Dokumentasi dan berbagi ke Media Sosial
  • Belajar membuat QR Code dengan menggunakan gg.gg atau dengan sistem lainnya
  • Google Contact
Syaratnya mudah:
  • Punya HP Android
  • Laptop
  • Memiliki jaringan internet
  • Kemauan keras untuk lulus
Keuntungan mengikuti pelatihan ini:
  • Mendapatkan pencerahan pembelajran menggunakan daring via webex.
  • Dengan waktu yang bisa kita tentukan sendiri, dimanapun kalian berada bisa mengikuti pelatihan ini dengan sangat mudah dan flexible.
  • Tidak perlu repot 
  • Mendapatkan sertifikat pelatihan sampai 40 jam
  • Mendapatkan teman baru tidak hanya dari dalam kabupaten tapi juga dari luar kabupaten
Sharing pengalaman
Saya adalah peserta VCT Batch 5 Jateng DIY Kabupaten Purbalingga sangat bangga dan senang saat mengikuti pelatihan ini karena saya bisa mengetahui betapa canggihnya dunia pendidikan saat ini dimana mereka harus dituntut perubahan zaman dan mampu menerjang kerasnya dunia mobilisasi tiap tahun dengan dunia digital. Atau bahkan nantinya dunia pendidikan akan berubah digital semua. Kita tidak tahu kemana arahnya nanti yang pasti dunia pendidikan makin maju dan keren. Sehingga guru wajib beradaptasi dan mengikuti pelatihan ini. Silahkan join VCT Batch 6 berikutnya ya.

Salam Virtual
Tim VCT Batch 5
Jateng_DIY
Kabupaten Purbalingga

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

INILAH SYARAT MENDAPATKAN NUPTK

Syarat Pengajuan NUPTK  (DL : Waktu tidak dibatasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut) *Baca bagian bawah dengan persyaratan ter-update tahun 2019

Persyaratan NUPTK biasanya bergantung pada LPMP. Tapi dalam sejatinya, pengajuan NUPTK ini akan berkaitan dengan beberapa instansi terkait untuk memverifikasi dan memvalidasi. Awalnya ke Dinas Pendidikan Provinsi Semarang lanjut ditunggu pemrosesan oleh LPMP. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan pengajuan NUPTK adalah:

Persiapkan berkas sesuai persyaratan, jika dahulu sebelum pada AWAL bulan September 2019 persyaratannya adalah
scan KTP asliscan Ijazah SD-S1+aktascan SPK 2018 dan 2019 (semester 1 & 2) scan SK Penugasan 2017/ 2018 & 2018/2019 (semester 1 & 2), 2019/2020 (semester 1) Dengan persyaratan no 3 dan 4 tersebut, halaman yang akan dikompres sangatlah banyak sekitar 37-40 halaman. Sehingga seluruh calon penerima NUPTK akan merasakan kesulitan saat mengompres berkas. Tapi tenang, kalian bisa menggunakan Ado…

INFORMASI PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019 (DL : 30 SEPT 2019-23 OKT 2019)

Informasi Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2019 (DL 30 Sept 2019-23 Okt 2019)
Informasi ini masih hangat dan terbaru. Pendaftaran akan dimulai tanggal 30 September 2019 ini. Maka siapkan dirimu untk mendaftar dalam program ini. Program ini diberlakukan untuk seluruh guru GTY, guru NON PNS ataupun PNS dan diperkenankan untuk :

Beberapakategori peserta sebagai berikut: Belum pernah mengikuti seleksi PPGTelah mengikuti seleksi PPG akan tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditentukan kemeristekdiktiTelah mengikuti seleksi namun mengalami perubahan Pilihan Bidang Studi PPGSelain persyaratan diatas, pastikan bahwa calon peserta : berstatus PNS/Non PNS/GTYterdaftar dalam Dapodikmemiliki SIM PKBmemiliki NUPTK, diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Des 2015, memiliki linieritas dengan ijazah, usia setingi-tingginya 57 tahun dihitung 31 Desember 2019 dan sehat jasmani rohani.Apa yang harus dipersiapkan: Calon Peserta PPG menyiapkan scan ijazah asli S1/DIVSK 2 tahun berturut-turut …