Skip to main content

REVIEW RUMAH BELAJAR

REVIEW 1 MENGGUNAKAN STT

Selamat sore, salam sejahtera untuk kita semua.

Kali ini, saya akan mereview rumahbelajar.id menggunakan metode Speech to Text. Metode ini merupakan cara membaca seseorang yang dimana kalimat yang diucapkan terekam pada layar. Metode STT ini saya menggunakan bantuan dictation.io

Rumah Belajar yang saya gunakan untuk direview ini merupakan portal pembelajaran yang dimiliki oleh Kemedikbud dengan beberapa kontributor dari SEAMEO SEAMOLEC ataupun SEAMEO BIOTROP dan lain sebagainya. Pada portal ini terdapat banyak sekali bidang yang bisa guru dan siswa pelajari dengan baik tanpa dipungut biaya apapun alias GRATIS.

Portal ini digunakan untuk para guru dan siswa yang ingin belajar melalui portal digital. Maka dari itu, rumahbelajar.id lah tempatnya. Silahkan kunjungi www.rumahbelajar.id dan kalian bisa download pembelajaran disana. Terima kasih

Berikut review tampilan portal tersebut dengan menggunakan metode STT menggunakan dictation.io:



REVIEW 2 MENGGUNAKAN TTS


Saya akan me-review portal pembelajaran yang sangat menarik dari Kemendikbud yakni www.rumahbelajar.id dengan menggunakan metode Text To Speech. Sebagai portal digital pembelajaran yang kekinian guna menghadapi era 4.0 yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa untuk belajar.


Berawal dari tombol HOME akan muncul isian portal yang sangatlah atraktif dan mudah dipahami dan diikuti. Berikut kontributor utama. Berasal dari bidang yang mahir dalam menekuni pelajaran pelajaran tersebut. Sangat banyak ya. Dan mereka memiliki laman khusus didalam portal rumahbelajar.id ini.

Lalu kemudian menu tombol Kategori. Dalam menu kategori, banyak bidang telah terpilah dan tersisih masing-masing bidang pelajarannya. Seperti dalam link youtube sebelumnya bahkan sudah review sejenak mengenai salah satu kategori yang ada didalamnya.

Kemudian pada tombol Kontributor terdapat empat kontributor yakni dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi, Southeast Asia Contributors dan Southeast Asian Ministers of Education Organizations.

Beranjak pada inti, ada menu Rumah Belajar pada tombol paling kanan. Didalamnya terdapat video pembelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan dan sesuai dengan mata pelajarannya. SUngguh menarik terlebih lagi, portal ini GRATIS.

Sebagai contoh kita buka bagian SMK dan kita buka video pembelajaran tentang kamera. Yap, beginilah tampilannya.

Semoga bermanfaat dan bisa join langsung dengan rumah belajar. Teknologi bukanlah masalah dan bukanlah suatu persoalan jika kita mau belajar dan menguasainya. Yuk jadi kaum milenial melek teknologi. Salam rumah Belajar.



NB: Mohon maaf laptop sudah agak berumur sehingga aktivitasnya mengikuti pergerakannya. Mohon dimaklumi. Terima kasih.


VCT BATCH 5 wilayah Jateng- Purbalingga


Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama Mengatasi Anus Bayi Merah

Jangan anggap remeh iritasi merah pada anus bayi karena dapat menimbulkan rasa pedih, nyeri dan gatal pada anak yang kita tidak rasakan. Dua hari yang lalu, anak saya AL (2 tahun) mengeluh kesakitan saat saya bersihkan dg air bersih sesaat setelah buang air besar, “atitt mamaahh”. Lalu saya lihat “mana yang sakit mas?” Cukup kaget melihat ada iritasi merah pada anusnya.
Akhirnya saya minta tolong papahnya untuk membelikan baby oil. Iya baby oil yang bunda-bunda biasa pakai untuk dioleskan di lekukan-lekukan pada bayi atau untuk memijatnya. Dikarenakan dulu saat AL masih bayi, anusnya pernah merah juga. Ternyata memang baby oil ini sangat ampuh untuk menghilangkan iritasi merah pada bayi maupun balita kita. Ini sebagai pertolongan pertama sebelum ke Dokter karena dulu pengalaman saat Al msh bayi juga mengalami hal seperti ini.
Jadi jangan langsung memakai obat-obatan yang ga jelas yah bunda karena sifat kulit bayi dan balita kita masih polos dan rentan. Jika dengan baby oil yang saya …

INILAH SYARAT MENDAPATKAN NUPTK

Syarat Pengajuan NUPTK  (DL : Waktu tidak dibatasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut) *Baca bagian bawah dengan persyaratan ter-update tahun 2019

Persyaratan NUPTK biasanya bergantung pada LPMP. Tapi dalam sejatinya, pengajuan NUPTK ini akan berkaitan dengan beberapa instansi terkait untuk memverifikasi dan memvalidasi. Awalnya ke Dinas Pendidikan Provinsi Semarang lanjut ditunggu pemrosesan oleh LPMP. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan pengajuan NUPTK adalah:

Persiapkan berkas sesuai persyaratan, jika dahulu sebelum pada AWAL bulan September 2019 persyaratannya adalah
scan KTP asliscan Ijazah SD-S1+aktascan SPK 2018 dan 2019 (semester 1 & 2) scan SK Penugasan 2017/ 2018 & 2018/2019 (semester 1 & 2), 2019/2020 (semester 1) Dengan persyaratan no 3 dan 4 tersebut, halaman yang akan dikompres sangatlah banyak sekitar 37-40 halaman. Sehingga seluruh calon penerima NUPTK akan merasakan kesulitan saat mengompres berkas. Tapi tenang, kalian bisa menggunakan Ado…

INFORMASI PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019 (DL : 30 SEPT 2019-23 OKT 2019)

Informasi Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2019 (DL 30 Sept 2019-23 Okt 2019)
Informasi ini masih hangat dan terbaru. Pendaftaran akan dimulai tanggal 30 September 2019 ini. Maka siapkan dirimu untk mendaftar dalam program ini. Program ini diberlakukan untuk seluruh guru GTY, guru NON PNS ataupun PNS dan diperkenankan untuk :

Beberapakategori peserta sebagai berikut: Belum pernah mengikuti seleksi PPGTelah mengikuti seleksi PPG akan tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditentukan kemeristekdiktiTelah mengikuti seleksi namun mengalami perubahan Pilihan Bidang Studi PPGSelain persyaratan diatas, pastikan bahwa calon peserta : berstatus PNS/Non PNS/GTYterdaftar dalam Dapodikmemiliki SIM PKBmemiliki NUPTK, diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Des 2015, memiliki linieritas dengan ijazah, usia setingi-tingginya 57 tahun dihitung 31 Desember 2019 dan sehat jasmani rohani.Apa yang harus dipersiapkan: Calon Peserta PPG menyiapkan scan ijazah asli S1/DIVSK 2 tahun berturut-turut …