Webinar “Refleksi Pendidikan Indonesia : Diantara PJJ dan PTM” bersama Faber Castell

MAS NADIEM Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, akhirnya mengeluarkan peraturan tentang Pembelajaran Jarak Jauh (yang selanjut...

MAS NADIEM

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, akhirnya mengeluarkan peraturan tentang Pembelajaran Jarak Jauh (yang selanjutnya akan disebut PJJ) pada awal 2019 karena adanya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Kini kita sudah memasuki 2021 dan peraturan baru pun muncul dari beliau bahwa adanya ijin diperbolehkan untuk Pertemuam Tatap Muka (yang selanjutnya akan disebut PTM) tapi dengan jumlah terbatas. Tetapi dengan melonjaknya angka penularan Covid-19 membuat pemerintah mengurungkan niatnya dan akan kembali mengadakan PJJ atau mungkin kolaborasi antara keduanya yakni PJJ dan PTM. Kita bahas lagi lebih mendalam.

LIKA LIKU PJJ DAN PTM

Mengapa? karena sekolah merupakan tempat berkumpulnya para manusia terbesar dan penyebarannya sangat tinggi. Sehingga PJJ yang awalnya ditentang oleh banyak pihak pun harus dilakukan karena adanya pandemi yang sangat menggelora ini. Hingga akhirnya kita harus merefleksi pendidikan Indonesia antara PJJ dan PTM bersama Faber Castell.

Faber Castell merupakan produsen alat tulis dan alat gambar terkemuka sejak tahun 1761 berkontribusi besar mengenai pendidikan dalam media alat tulis. Kini Faber Castell mengadakan webinar yang sangat ditunggu oleh banyak pihak yakni merefleksi pendidikan Indonesia yang sudah berjalan 1 tahun ini. Efektifkah PJJ pada pandemi saat ini ataukah perlu PTM agar siswa secara langsung belajar dengan gurunya tanpa menhiraukan situasi sekitar?

Pembelajaran Jarak Jauh pada akhirnya menimhulkan pro kontra. Awalnya semua pro dengan kebijakan tersebut. Namun lambat laun, muncul berbagai keluhan. menurut KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) terutama pada orang tua dan peserta didik yang memiliki ekonomi tingkat bawah memiliki banyak keuhan mengenai hal ini.

Fenomena stress muncul ditengah-tengah orang tua siswa yang tidak dapat mendampingi anaknya dalam PJJ bahkan tidak dapat mengontrol anaknya yang selalu kecanduan game online atau bahkan mager untuk melakukan aktivitas apapun. Ditambah dari para siswa, yang belum pernah sama sekali duduk dibangku sekolah untuk belajar bersama gurunya. Orang tua yang memiliki perekonomian tingkat bawah pun merasa kesulitan untuk mengikuti alur PJJ ini yakni kurangnya gawai android dan kuota pembelajaran.

Disisi lain, jika PTM tisak dilaksanakan dalam masa pandemi ini, akan berpengaruh besar dalam penyebaran virus Covid-19. Bayangkan bila para siswa berkumpul menjadi satu disebuah ruangan dengan jumlah siswa 36 anak per kelas. Jika dalam satu angkatan terdiri dari 17 rombongan belajar berarti jumlah dalam satu ankatan ada 36 siswa dikalikan 17 rombongan belajar. Ini baru satu angkatan. Berapa jika semua dijumlahkan? Belum lagi aktivitas berkumpul dan berkerumun saat istirahat skeolah. Wah bisa kacau nanti.

Maka dari itu, mari kita merefleksi kembali alur pendidikan Indonesia pada masa pandemi. Berdasarkan hasil kegiatan yang saya ikuti pada beberapa waktu yang lalu bersama Faber-Castell bahwa kita sebagai pemeran pendidikan harus mampu menyiapkan diri menghadapi segala situasi. Seperti halnya pandemi ini, kita harus beralih ke teknologi dan semua serba online. Namun, seperti apakah yang dimaksud?

PAKET BELAJAR ONLINE FABER CASTELL

Nah, karena semua serba teknologi dan internet, maka sangat penting jika alat tulisnya pun mendukung pembelajaran online. Layaknya penyemangat dalam belajar. Susah dan capek juga kan ya, jika anak-anak menyentuh layar gawai dengan jempol dan jari jemarinya terus, seperti tidak ada sensasi berbeda dengan bermain game pada gawai mereka.

Sehingga Faber Castell mengeluarkan produk Paket Belajar Online yang harganya sangat terjangkau dan dapat dibeli di toko official Faber Castell, blibli, Tokopedia dan Shopee-nya. Paket Belajar Online ini sangat komplit seperti: Stylus, tempat pensil, pensil 2B, penghapus, rautan dan pena.

Nah, diantaranya ada satu produk yang sangat diandalkan niy yakni Stylus. Berbentuk pena sehingga disebut stylus pen. Mampu mengubah layar sentuh seperti buku tulis. Stylus pen ini dapat diterapkan diseluruh gawai. Begini cara penggunaannya:

Cukup membagikan gambar dari gallery gawai ke Whatsapp dan atau langsung share gambar dari media whatsapp. Bisa diaplikasikan menggunakan doodle yang ada. Jadi Stylus pen ini cukup dipasangkan ke pensil 2B atau pena yang kiranya cukup dengan lubang Stylus. Mudah diaplikasikan bukan?
Stylus pen ini menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh. Memudahkan siswa dalam mengakses gawai mereka dan mengerjakan tugas dengan mudah melalui teknologi yang mereka miliki. Solusi belajar online terbaik di masa pandemi. Semoga banyak yang sadar bahwa tidak hanya masalah tanggung jawab saja akan tetapi harus dipenuhi kebutuhan media belajar anak.

WEBINAR: REVIEW PENDIDIKAN BERSAMA FABER CASTELL


Beberapa jam mengikuti webinar bersama Faber Castell membuatku tersadar sebenarnya yang membuat pendidikan Indonesia banyak menuai pro kontra. Dikarenakan ketidak siapan para guru menghadapi teknologi terutama guru yang sudah lanjut usia dan ketidak siapan orang tua menyiapkan belajar di sekolah, ketidak siapan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dan duina pendidikan Indonesia yang belum terbiasa membudayakan teknologi seperti di Luar Negeri. 

Saya sebagai guru menyadari betul bahwa paradigma PJJ ini menimbulkan dampak dan juga terdapat beberapa kendalanya seperti yang dijelaskan saat webinar. Sehingga pada tahun ajaran baru besok 2021, wajiblah seorang guru untuk menyiapkan pembelajaran online dengan baik sehingga aktivitas dalam men-transfer knowledge pun lancar. Sekolah pun membantu mensukseskan cara mengajar guru, orang tua menjadi fitrah based education-nya juga harus dipertebal dan siswa harus semangat untuk meraih masa depan meskipun belajar pada masa pandemi.


Berdasarkan gambar diatas bahwa Pembelajaran Jarak Jauh harus bersinergi dengan segala aspek pemeran pendidikan. Dimulai dari Guru, Orang tua, sekolah dan inputnya ke siswa. Sehingga hasil outputnya pun maksimal bisa menjaga kualitas pendidikan dan kecerdasan siswa meski dilaksanakan dengan model Pembelajaran Jarak Jauh. 

GURU
Seorang guru tugasnya banyak, tidak hanya menjadi seoarang pengajar akan tetapi juga sbagai seorang pendidik. Tidak hanya itu, dalam webinar bersama Faber Castell juga diungkapan bahwa guru juga sebagai pamong, sebagai pengawas, sebagai guru dan motivator. 

Jika Guru memiliki kualitas pengajaran dan ide kreatif dalam pengajaran pasti siswa mampu menyerap ilmu dengan baik dan mudah. Alangkah baiknya jika guru wajib merefleksi diri cara mengajar yang sudah diberikan selama pandemi tahun lalu. Saya sendiri adalah seorang guru SMK Negeri yang sudah merasakan bagaimana mengajar siswa dengan model jarak jauh. Persiapan pembelajaran harus lebih rapi, banyak dan sistematis dibanding pembelajaran tatap muka. Jadi sebenarnya guru pun persiapannya harus lebih matang dan lebih ruwet dibandingkan dengan pembelajan tatap muka. Tapi harus selalu semangat membersamai demi mencerdaskan generasi bangsa. Tonggak bangsa ini ada pada guru dan semangat para siswa juga orang tua.

Namun, guru harus memahami masa ini dimana masa pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk tidak berkerumun, wajib rajin cuci tangan dan selalu memakai masker. Sehingga guru mengusahakan untuk memberikan tugas kepada para siswanya sesuai dengan kesulitan dan kemudahan yang dimiliki oleh siswa dalam menghadapi pembelajaran pada masa pandemi. Sehingga siswa dan guru saling berkolaborasi dengan baik dan mendapatkan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

ORANG TUA

Orang tua harus mampu menemani, mendampingi dan mengawasi setiap kegiatan pembelajaran anak dirumah. Selain itu juga bisa membuat anak menjadi mandiri dengan beberapa tugas dari sekolah. harapannya adalah dengan Work From Home ini, orang tua mampu mengenali tipe belajar anaknya seperti apa. Kesabaran memang perlu. Jadi memang PJJ ini haruslah kerjasama yang seimbang antara guru, murid dan orang tua serta sekolah asal.

Orang tua juga baiknya membuat fitrah based education yang bisa diaplikasikan dalam kegiatan dirumah. Sehingga anak pun turut serta menyelesaikan segala tugas anak dengan lancar dan tidak terkecuali.

SISWA



Tugas siswa hanyalah belajar. Belajar yang membuat aktivitas otak menjadi tambah pintar. Belajar pun banyak caranya, namun pada masa pandemi seperti ini siswa harus bertanggung jawab dengan dirinya sendiri untuk mampu memahami tujuan belajarnya. Siswa pun tak dapat sendiri untuk mendapatkan semangat itu. Peran orang tua dan guru wajib turut hadir dalam semangat belajarnya.

Lantas, siapkah kita untuk terus PJJ atau PTM? Atau mungkin keduanya?

Entah PJJ atau PTM, semua peran wajib siap dan memahami cara belajar dalam masa pandemi. Proses evaluasi belajar menagjar juga harus mengalami perubahan demi masa depan yang lebih baik. Keterbatasan gawai, kuota belajar terbatas dan ekonomi orang tua juga menentukan berhasil tidaknya belajar menagjar pada masa pandemi.

Sehingga diharapkan pembelajaran pada masa pandemi, seluruh peran wajib memahami peraturan yang harus dilaksanakan. Mengikuti hal-hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua dan anak seperti yang sudah dipaparkan oleh Saufi saat itu, lihat gambar dibawah ini.


Siapkah PTM terbatas?

Jika pemerintah tetap melaksanakan PTM terbatas. Maka kita wajib memahami protokol kesehatan dan aturan tatap muka terbatas tersebut. Jangan hanya dilakukan pada masa-masa pertama tapi seterusnya sampai keadaan dikatakan normal kembali.

Selain itu, masalah dalam pembelajaran siswa adalah yang selalu dikeluhkan oleh mereka dan orang tua bingung serta beradu kesabaran dengan keadaan. Maka, siswa diberikan fasilitas memadai untuk menggapai pembelajaran ini guna memperlancar guru dalam mentrasnfer knowledge, mengasah soft skills, adu kreativitas dan adu emosional dengan baik seperti halnya dalam pembelajaran PTM keadaan normal. Proses yang tak akan tergantikan. Sehingga, stylus pen produl dari Faber Castell bisa menjadi solusi belajar menyenangkan yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar PJJ maupun PTM. Agar siswa bisa membedakan mana belajar dan mana belajar game. Pemakaiannya bisa dilihat pada video link instagram berikut atau pada gambar diatas.

Sensasi belajar pada masa pandemi kian teringat jelas dan bisa menjadi memori terindah dalam pembelajaran. Sehingga harus meninggalkan sejarah yang menyenangkan pada memri siswa. Mari kita bersama-sama membuat memori pembelajaran yang kreatif, menyenangkan dan mengasyikan pada masa pandemi. Produk ini bisa dibeli di tokopedia, blibli, shopee dan beberapa toko official Faber Castell resminya serta bisa mengunjungi websitenya langsung di  www.faber-castell.co.id serta Instagram resminya di Instagram Faber Castell.


COMMENTS

Name

#DiEmasinAja,1,#Ingat Lingkungan,1,#PeduliLingkungan,1,55 soal latihan simple present tense,1,55 soal latihan simple routine task,1,683mdpl,1,air apakah air kolam renang walik itu,1,ajarkan anak cinta lingkungan,1,akibat memutus silaturahmi,1,alamat bukit asmara situk banjarnegara,1,alamat kampus jogjakarta,1,alamat river tubing limbasari,1,alat belajar online,1,alur bagan pengajuan nuptk,1,ambil uang western union di bank,1,ambil uang western union di indomaret,1,ambil uang western union di kantor pos,1,amunisi menjalani new normal,1,anak lemas,1,anak siap lepas asi berapa tahun,1,Analytical Exposition,1,animals,1,antara wabah dan idul fitri,1,anting bayi,1,anting bayi yang baik untuk anak,1,anus bayi merah,1,anus bayi perih,1,apa beda ain't gonna gotta wanna,1,apa itu ain't,1,apa itu bogar,1,apa itu diet,1,apa itu gonna' apa itu gotta' apa itu wanna,1,apa itu penyakit ain,1,apa itu slang,1,apa itu VCT,1,Apakah TBC bisa disembuhkan?,1,artikel blog keren,1,asking for and giving the direction,2,asking for and stating plan,1,atur program belajar anak,1,ayam bakar jos,1,bagaimana cara mengajukan nuptk,1,bagaimana cara mengayuh sepeda,1,bagaimana cara menghentikan anak menangis,1,bagaimana kompres data,1,bagaimana menjadi Ibu yang baik,1,bagi-bagi pulsa gratis 2014,1,bahasa tertawa dalam chatting,1,bahaya iri dengki,1,bahaya penyakit hati,1,batu ratapn angin,1,Beauty,2,beda will dan be going to,2,bedak dingin manjur,1,bedak herbal,1,bedak saripohatji,1,belajar berhitung dari buku,1,belajar gratis,1,Belajar mengelola room webex,1,belajar online bahasa inggris smk,1,belajar slang bahasa inggris,1,belajar tenses,1,beli emas mini,1,benih agromulya,1,benih sayur,1,berhadiah pulsa gratis 2014,1,berita kecantikan,1,berkebun sayur,1,bibir kering pakai lipstik tato monomola,1,bijak tanggap berita hoax,1,bike tracking,1,bingkisan untuk guru,1,BJ habibie meninggal dunia,1,blog sepi,1,blogdetik,1,blogger peduli kesehatan,1,blogger sayang Ibu,1,bogar itu seperti apa,1,botania garden karangcengis,1,buah,1,bukit asmara situ banjarnegara,1,bukit sikunir dieng,1,bukit windujaya,1,candi arjuna,1,canva,1,cara dewi hughes langsing,1,cara diet kenyang,1,cara diet sehat,1,cara jadi reseller benih agromulya,1,cara lepas dari roda bantu,1,cara melatih motorik anak,1,cara membuat denah,1,cara membuat oralit,1,cara memisahkan anak dengan gadget,1,cara mengajukan nuptk,1,cara mengambil uang western union,1,cara menganalisa deskripsi text,1,cara menganalisa dexcriptive text,1,cara mengatasi dehidrasi,1,cara mengatasi insecure,1,cara mengatasi semut yang bersarang di mobil dan motor,1,cara mengelola pikiran,1,cara menggali rasa ingin tahu anak,1,cara menghilangkan kulit kusam,1,cara menghilangkan rasa malas,1,cara menghilangkan semut dimobil dan motor,1,cara mengisi waktu luang dengan anak,2,cara menyapih,1,cerita bunda,5,cerita lucu dengan lagu,1,cerita memakai cream sari,1,cerita menyapih anak,1,cerita pakai saripohatji,1,cerita pengalaman memakai anting bayi,1,ciri-ciri pasien covid-19,1,contoh kalimat simple present tense,1,contoh pronouns,1,cookies singkong,1,cream,1,cream sari aman untuk ibu hamil,1,cream sari ber bpom,1,curhat bunda,1,daftar nama kampus di jogja,1,daftar nama perguruan tinggi di jogja,1,data kosmetika berbahaya,1,DEEP LEARNING,8,deeplearning,11,degrees of comparison,1,dehidrasi pada anak,1,demi masa,1,describing occupations,1,descriptive text,1,dewi hughes langsing,1,diet hypnotherapy,1,diet kenyang,1,diet sehat,1,diet spiritual,1,Disiplin kunci sembuh dari TB,1,distributor emas mini,1,distributor resmi,1,dunia anak,4,dunia literasi,1,EASY ENGLISH,7,EASYENGLISH,21,emas mini,1,emas mini endorse,1,emas mini online,1,English,1,English text,1,faber castell,1,fenomena bahasa tertawa,1,FILE PDF INFO PENDAFTARAN PPG DALJAB 2019,1,fkyer unik,1,gejala dehidrasi,1,go green,1,gratis,1,gula cair singkong,1,gula singkong,1,guna kumpul teman lama,1,hadiah ulang tahun istri,1,halaman penuh sayur,1,harga cream sari,1,health,2,healthyskin,1,hikmah belajar dirumah,1,hikmah revolusi industri 4.0,1,hikmah wabah,1,ikan bakar di Klampok,1,Ikan bakar enak,1,insecure,1,inspirasi nulis blog,1,INSPIRING,25,INSPIRING STORY,3,introducing myself,1,intruksi bahasa inggris,1,investasi cocok masa pandemi,1,investasi emas,1,jalan menuju kalibiru,1,jauhdekat.com,1,jenis wisata dieng,1,jogja kampusnya apa saja,1,jual benih sayur,1,jual cream sari,1,jual emas mini,1,jual paket benih,1,jual saripohatji,1,jurnal syukur tahun baru,1,kado untuk guru,1,kalibiru kulonprogo,1,kalibiru yogyakarta,1,kalimat perintah soal bahasa inggris,1,kata mutiara,1,kawah sikidang,1,kejutan ulang tahun,1,kekuatan Ibu,1,kelucuan anak,1,KEMDIKBUD,2,kemendikbud,1,kenapa anaku menangis,1,kenapa jauh-jauhan,1,kenapa LDR,1,kenapa siswa libur,1,keraton jogjakarta,1,kesehatan,1,keseruan tubing,1,ketrampilan pada anak,2,keuntungan VCT,1,keutamaan silaturahmi,1,khas dieng,1,KIDS ZONE,10,kisah nyata pasien covid-19,1,kolam renang walik purbalingga,1,kosmetik,1,kosmetika berbahaya,1,kosmetika bpom,1,kuliah di jogja,1,kuliner,1,kurap di wajah,1,laboratorium maya,1,lagu nina bobo,1,latihan dasar MC untuk pemula,1,latihan soal asking for and giving the direction,1,latihan soal personal letter,1,latihan soal simple routine task,1,lebaran 2020. selamat idul fitri,1,libur sekolah diperpanjang lagi,1,lingkungan,1,link belajar online,1,loang pada anak,1,Lomba,1,lomba menulis,2,lomba menulis desember 2014,1,lomba menulis terbaru 2014,1,lomba review,1,macam-macam dehidrasi,1,makan lesehan di klampok banjarnegara,1,makna gaya tertawa,1,makna surat al ashr,1,malas,1,males,1,mandi parfum,1,manfaat menggunting,1,manfaat pelukan,1,manfaat saripohatji,1,manfaat silaturahmi,1,masker herbal,1,materi asking for and giving the direction,1,materi intention kelas x,1,materi kelas xi semester 2,1,materi simple routine task,3,materi will vs be going to,1,membuat deskripsi denah dalam bahasa inggris,1,membuat flyer,3,memo,1,memorandum,1,menanan media polybag,1,mengapa anak harus dipeluk,1,mengapa room webex tidak keluar suara,1,mengapa tanda silang pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,mengatasi insecure,1,mengelola room webex,1,menjawab rasa ingin tahu anak,1,menu,1,menulis dapat pulsa gratis 2014,1,menyapih adalah,1,mercury,1,microsoft word,1,mie sehat,1,mie sehat buah,1,mie sehat sayuran,1,mie sehat singkong,1,mini video,1,mocaf,1,mocaffine,1,narrative text,1,nasehat,1,new normal,1,new normal akan berlangsung,2,new normal saat pandemi,2,NUPTK,1,obat anti TB gratis,1,obat anus bayi perih,1,obat herbal kurap,1,obat jerawat,1,obat kurang manjur,1,obat TBC gratis,1,obat tradisional kurap,1,olah vokal MC,1,oleh-oleh dieng,1,opini,1,oralit,1,paket belajar online,1,paket river tubing,1,parenting,5,pasangan LDR,1,pecinta sepeda,1,pelatihan offline VCT,1,pembahasan soal bahasa inggris,1,pembelajaran online,1,PENDAFTARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,pengalaman ambil uang western union,1,pengalaman memiliki anak berdekatan usianya,1,pengawasan mutu obat anti TB,1,pengertian simpe present tense,1,penggunaan simple present tense,1,penginapan dieng,1,penjelasan will dan be gong to,1,penyakit kurap pada anak,1,penyakit paling berbahaya,1,penyebab dehidrasi,1,perjalanan ke windujaya,1,permen pindy,1,permen pindy aman dikonsumsi,1,permen pindy susu enak,1,permen pindy tidak mengandung narkoba,1,persiapan tubing,1,personal letter,1,pesan,1,pesan fenomenal eyang habibie,1,pjj dan ptm,1,platform webex,1,pola simple present tense,1,portal pembelajaran kemdikbud,1,positif wabah 2020,1,PPG,1,PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,PPG UPDATE,1,presensi online,1,procedure text,1,produk faber castell,1,produk singkong,1,Prof Dr BJ Habibie,1,program belajar anak,1,program belajar efektif,1,pronouns,1,pronouns kelas 10,1,prosedur pengajuan nuptk,1,proses menyapih,1,purbalingga,1,QR Code,1,rasa ingin tahu anak,1,reading strategies,1,recount text,1,rejeki Ibu,1,rekam layar,1,reseller benih sayur,1,REVIEW,12,review bogar karangcengis,1,Review buku,1,review buku anak,1,review cream sari,1,review emas mini,1,review kolam renang walik purbalingga,1,review kosmetik,2,review lipstik,1,review lipstik tato monomola,1,review produk,3,review river tubing,1,review saripohatji,1,review tantinium,1,river tubing limbasari,1,RUMAH BELAJAR,2,rumah mocaf indonesia,1,rumpit bike park,1,rumus present tense,1,rute perjalanan bukit asmara banjarnegara,1,rute river tubing limbasari,1,satu kalimat syukur,1,Save the earth,1,saya bersyukur akan,1,sayembara menulis,1,sayur sehat,1,scan berkas nuptk,1,scarlett,1,scarlett body lotion,1,scarlett body scrub,1,scarlett by felicya angelista,1,scarlett review,1,scarlett shower scrub,1,schedule,1,school from home,1,SEAMEO,1,seameo seamolec,1,SEAMOLEC,1,sejarah keraton jogjakarta,1,selamat tahun baru bahasa jawa,1,self editing,1,semut membandel,1,seputar anak,1,serial kedua OAT gratis,1,sharing anak,2,sharing pengalaman VCT,1,sign,1,siklus menyapih,1,silabus bahasa inggris simple routine task smk kelas x,1,silabus simple routine task,1,SIM PKB,1,simple future tense,3,simple routine task,4,slang,1,soal latihan bahasa inggris,1,soal latihan be going to,1,soal latihan will,1,soal latihan will be,1,soal simple routine task,1,solusi belajar daring,1,solusi tanda silang merah pada pendaftaran ppg dalam jabatan 2019,1,song,1,Songs,1,speech to text,1,Spot Foto gerbang UGM,1,stating intention,1,stating plan or intention,1,strategi pengembangan anak usia dini,1,structure simple present tense,1,stylus pen,1,suggestions,1,SURAT EDARAN PPG DALJAB OKTOBER 2019,1,susahnya menyapih,1,syarat pengajuan nuptk,1,syarat peserta VCT,1,syukur,1,tabel irreguler comparison,1,tanda silang pada pendaftaran seleksi ppg,1,tanda-tanda dehidrasi,1,tantinium,3,tanya kampus di jogja,1,target,1,TB bisa disembuhkan,1,TB indonesia,1,TB tidak bisa sembuh?,1,teknik penulisan yang benar,1,teks MC,1,temukan dan sembuhkan pasien TB,1,tenses,1,tepung mocaf,1,terlepas dari asi,1,tertawa dalam media sosial,1,testimoni cream sari,1,tiket masuk bukit asmara,1,tiket masuk kalibiru,1,tiket masuk kolam renang walik,1,Tips LDR,1,tips melatih bersepeda,1,Tips membasmi semut,1,tips naik bukit asmara,1,tips perjalanan wisata dieng,1,tips to read,1,titanic,1,tradisi menerima rapor,1,TRAVELLING,8,travels,1,tubing di purbalingga,1,tujuan silaturahmi,1,UGM,1,vct batch 5,2,video bahasa inggris,1,video baper,1,video pembelajaran,1,video tentang MC,1,vitalis body wash,1,vitalis mandi parfum,1,webex cisco,1,webinar faber castell,1,will dan be going to,1,wisata banjarnegara,1,wisata baru purbalingga,1,wisata petik buah di purbalingga,1,WWF,1,www.rumahbelajar.id,1,
ltr
item
TANTINIUM BLOG: Webinar “Refleksi Pendidikan Indonesia : Diantara PJJ dan PTM” bersama Faber Castell
Webinar “Refleksi Pendidikan Indonesia : Diantara PJJ dan PTM” bersama Faber Castell
https://1.bp.blogspot.com/-DRZy4QHJSck/YNzvKWehwwI/AAAAAAAAr0w/kDDmn3bDldk9tkNplU5Y8XafsIgQAlcQgCLcBGAsYHQ/w640-h640/WhatsApp%2BImage%2B2021-07-01%2Bat%2B05.24.08.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-DRZy4QHJSck/YNzvKWehwwI/AAAAAAAAr0w/kDDmn3bDldk9tkNplU5Y8XafsIgQAlcQgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h640/WhatsApp%2BImage%2B2021-07-01%2Bat%2B05.24.08.jpeg
TANTINIUM BLOG
https://www.tantinium.com/2021/06/webinar-refleksi-pendidikan-indonesia.html
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/
https://www.tantinium.com/2021/06/webinar-refleksi-pendidikan-indonesia.html
true
6026546146404148288
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content